Kemenhub Menilai Indonesia Butuh SDM Berkualitas Guna Meningkatkan Pengembangan Transportasi

“Kegiatan ini juga membahas mengenai peran perguruan tinggi terkait dengan sumber daya manusia yang unggul untuk mendukung visi Indonesia, yaitu Talenta Unggul 2045,” tururnya.

Prof Ida memaparkan, Unpad sebagai mitra strategis Kemenhub dalam bidang, pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, diharapkan dapat terus menjalin kerja sama, khususnya dalam pengembangan sumber daya manusia yang lebih holistik di masa yang akan datang.

“Tentu kami berharap seminar dan talkshow ini dapat menjadi wadah untuk memberi masukan, kemudian menjalin kerja sama yang erat dengan Kementerian Perhubungan karena Unpad sebagai PTNBH perlu memperluas networking dan kerja sama dengan berbagai instansi dan institusi,” paparnya.

BACA JUGA: Waspada Megathrust Selat Sunda, Pemkot Bandung Beberkan Sejumlah Langkah

“Kerja sama ini juga diharapkan bisa memfasilitasi inovasi-inovasi di bidang perhubungan yang lebih bermanfaat,” tutup Prof Ida.

Di tempat yang sama, Direktur Pusat Inovasi Psikologi (PIP) Unpad, Ike Marieta, menjelaskan, dari 2015 hingga 2024, PIP Unpad telah melakukan asesmen terhadap ribuan pengajar dan siswa.

Tujuannya untuk memetakan potensi mereka dan memastikan kesiapan mereka, dalam menghadapi tantangan yang ada, termasuk dalam hal ini bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan.

BACA JUGA: Direktur RSUD Pelabuhanratu Ditetapkan jadi Tersangka atas Dugaan Korupsi Dana Insentif Tenaga Kesehatan Fiktif

“Program asesmen ini tidak hanya bertujuan untuk mengukur kemampuan teknis, tetapi juga karakteristik personal, seperti kekuatan karakter (character strength) dan potensi kritikal lainnya,” jelasnya.

Ike menyampaikan, terdapat langkah-langkah yang diperlukan untuk pengembangan SDM yang efektif.

“Yakni meliputi identifikasi karakteristik talenta SDM di sektor transportasi, menggunakan pendekatan berbasis bukti, dan membangun kemitraan strategis untuk meningkatkan kualitas SDM,” pungkasnya. (Bas)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan