Kemenhub Menilai Indonesia Butuh SDM Berkualitas Guna Meningkatkan Pengembangan Transportasi

JABAR EKSPRES – Transportasi publik di Indonesia sampai saat ini dinilai mengalami perkembangan dan peningkatan yang cukup signifikan.

Hal itu disampaikan Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi. Dia menilai peningkatan secara signifikan itu, terjadi dalam kurun waktu satu dekade terakhir.

“Pengembangan sektor transportasi sangat bergantung pada SDM berkualitas yang mampu merancang, memelihara, mengoperasikan, serta mengevaluasi hal-hal yang berkaitan dengan perencanaan hingga pengoperasian,” katanya di Unpad Jatinangor, Sumedang pada Kamis (3/10).

BACA JUGA: Seorang Pria Jadi Korban Pembacokan oleh OTK di Cileunyi hingga Alami Luka Cukup Parah di Bagian Tangan

Budi menerangkan, perkembangan serta peningkatan transportasi, dapat berpengaruh untuk memperkuat pondasi perekonomian nasional.

Oleh sebab itu, guna terus meningkatkan pengembangan sektor transportasi dibutuhkan sumber daya manusia berkualitas (SDM) untuk mengelolanya.

“Mencetak generasi emas pada sektor transportasi dapat dilakukan melalui program pendidikan dan pelatihan, untuk mewujudkan situasi transportasi inovatif dan berkelanjutan di Indonesia,” terangnya.

BACA JUGA: Santri dan Kiai Ciamis Berikan Doa dan Dukungan untuk Pasangan ASIH

Budi mengucapkan, pihaknya sangat mengapresiasi kolaborasi yang dilakukan antara Unpad dan Kementerian Perhubungan RI, terkait SDM pada sektor transportasi.

“Pengembangan SDM yang bertujuan untuk mencetak talenta unggul Indonesia memiliki suatu visi, yaitu terwujudnya sumber daya manusia yang profesional dan beretika dalam menjalankan transportasi yang handal dan zero accident,” ucapnya.

Budi berharap, kolaborasi dapat menjadi sarana untuk meningkatkan kinerja Kementerian Pembangunan dan seluruh ekosistemnya, guna mewujudkan transportasi yang lebih baik untuk Indonesia.

BACA JUGA: Pemkab Bandung Dinilai Tak Becus Tangani Korban Terdampak Gempa Bumi

“Saya berpesan agar teman-teman dapat memaknai pembahasan hari ini karena saya yakin banyak sekali hal yang bisa kita kembangkan untuk negara tercinta,” tukasnya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Sumber Daya dan Keuangan Unpad, Prof Ida Nurlinda menuturkan, kegiatan seminar Nasional bertema Harmoni Pembangunan SDM Transportasi: Menuju Talenta Unggul 2045, merupakan upaya menyebarluaskan capaian.

Supaya memperoleh masukan dan memberikan rekomendasi terhadap pengembangan SDM.

BACA JUGA: Banjir Dukungan di Ciamis, Ahmad Syaikhu Tekankan Pentingnya Kebersamaan untuk Kemajuan Jawa Barat

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan