Pedestrian Kebun Raya Bogor Dibentangkan Kain Batik, Kota Bogor Pecahkan Rekor ORI

JABAR EKSPRES – Memperingati Hari Batik Nasional yang jatuh pada 2 Oktober, Kota Bogor sukses mencatat sejarah baru dengan memecahkan rekor Original Rekor Indonesia (ORI) melalui pembentangan kain batik motif Bogor dan motif nusantara sepanjang 4,1 km.

Kain tersebut dibentangkan dalam acara Bogor Batik Festival ke-15 di Pedestrian Kebun Raya Bogor pada Selasa, 2 Oktober 2024.

Penjabat (Pj) Wali Kota Bogor, Hery Antasari menyampaikan, bahwa kegiatan yang penuh makna ini merupakan bentuk nyata penghargaan terhadap warisan budaya Indonesia yang mendunia.

BACA JUGA: 5 Paslon Pilbup Bandung Barat Setor LADK, Hengky-Ade Paling Besar

“Hari ini, kita membuktikan sinergi pentahelix, di mana semua pihak, dari masyarakat, komunitas, hingga pemerintah, bersama-sama mewujudkan kegiatan yang penuh makna ini,” ungkapnya saat hadir dalam kesempatan itu.

“Pembentangan batik bukan hanya simbol, tetapi juga bentuk nyata penghargaan kita terhadap batik sebagai warisan budaya dunia dari Indonesia,” imbuh Hery.

Ia menambahkan, kegiatan ini menjadi salah satu bentuk konkret penerapan kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat dalam memajukan Kota Bogor.

BACA JUGA: Tingkatkan Minat Baca, SDN Cipageran Mandiri 4 Tekankan Pembiasaan Literasi

“Inisiasi dan pelaksanaan kegiatan ini berasal dari masyarakat, komunitas, dan sekolah-sekolah. Saya harap kegiatan ini akan terus berlanjut setiap tahunnya,” dorongnya.

Dalam kesempatan yang sama, Pj Ketua TP PKK Kota Bogor, Windhy Wuryaning Tyas, menekankan pentingnya kreativitas masyarakat dalam melestarikan dan mengembangkan batik, terutama di Kota Bogor.

“Festival ini menjadi bukti nyata kreativitas dan potensi masyarakat Kota Bogor yang luar biasa,” tuturnya.

BACA JUGA: Marissa Haque Meninggal Dunia, Politisi dan Artis Senior Indonesia Meninggalkan Duka Mendalam

Kegiatan itu diharapkan tidak hanya menjadi momen perayaan, tetapi juga langkah baru untuk membawa batik Kota Bogor di kancah internasional.

“Potensi untuk Go Internasional sangat terbuka lebar, dan kita harus lebih kreatif dalam memanfaatkannya,” tegas Windhy.

Ia juga menilai, dengan kesuksesan pemecahan rekor ini, Bogor Batik Festival ke-15 menjadi tonggak sejarah baru sekaligus bukti nyata bahwa Kota Bogor berkomitmen untuk terus melestarikan dan mengembangkan batik sebagai salah satu kekayaan budaya Indonesia. (YUD)

Writer: Yudha Prananda

Tinggalkan Balasan