Ternyata ada 3 Macam Bentuk Hati Manusia Saat Menerima Bisikan Setan, Ini Penjelasannya

JABAR EKSPRES – Selama hidupnya, manusia senantiasa berada dalam ancaman karena ada godaan setan. Banyak bentuk-bentuk godaan setan, salah satunya melalui bisikan. Ternyata saat menerima bisikan dari setan ini ada beberapa bentuk hati manusia dalam merespon.

Hal ini dijelaskan oleh Ustadz Abdulloh Umar Said yang membedah kitab ath-Thibb an-NabawitulisanImam Ibnu Qayyimal ­Jauziyyah, di mana dalam didalamnya ada pembahasan seputar ciri-ciri dan indikasi penyakit hati.

Dalam tulisan Ustadz Abdulloh Umar Said yang dilansir dari media dakwah sunah, dijelaskan ada 3 pembagian hati yang disebutkan dalam surat al-Hajj ayat 52-54 yakni hati yang sehat, sakit dan hati yang mati.

Allah berfirman :

وَمَاۤ اَرۡسَلۡنَا مِنۡ قَبۡلِكَ مِنۡ رَّسُوۡلٍ وَّلَا نَبِىٍّ اِلَّاۤ اِذَا تَمَنّٰٓى اَلۡقَى الشَّيۡطٰنُ فِىۡۤ اُمۡنِيَّتِهٖ ​ۚ فَيَنۡسَخُ اللّٰهُ مَا يُلۡقِى الشَّيۡطٰنُ ثُمَّ يُحۡكِمُ اللّٰهُ اٰيٰتِهٖ​ ؕ وَاللّٰهُ عَلِيۡمٌ حَكِيۡمٌ ۙ‏ ٥٢

Dan Kami tidaklah mengutus seorang rasul pun dan tidak (pula) seorang Nabi sebelum engkau (Muhammad) , melainkan apabila dia mempunyai sesuatu keinginan maka setan pun memasukkan godaan-godaan terhadap keinginan itu, maka Allah juga hilangkan apa yang dimasukkan oleh setan itu dan Allah juga menguatkan ayat-ayat-Nya.

لِّيَجۡعَلَ مَا يُلۡقِى الشَّيۡطٰنُ فِتۡـنَةً لِّـلَّذِيۡنَ فِىۡ قُلُوۡبِهِمۡ مَّرَضٌ وَّالۡقَاسِيَةِ قُلُوۡبُهُمۡ​ ۚ وَ اِنَّ الظّٰلِمِيۡنَ لَفِىۡ شِقَاقٍۭ بَعِيۡدٍۙ‏ ٥٣

Dan Allah Maha mengetahui lagi Maha bijaksana. Dia (Allah) ingin menjadikan godaan yang ditimbulkan oleh setan itu, sebagai ujian bagi orang-orang yang di dalam hatinya ada penyakit dan orang-orang yang berhati kasar. Dan sungguh orang-orang yang zalim itu, benar-benar dalam permusuhan yang sangat jauh. Dan agar orang-orang yang telah diberi ilmu meyakini bahwa (al-Qur’an) itu benar dari Tuhanmu lalu mereka beriman dan tunduk hatinya kepada-Nya. Sungguh, Allah pemberi Petunjuk bagi orang-orang yang beriman kepada jalan yang lurus.”(QS. al-Hajj: 52-54)

baca juga : 6 Ciri-ciri Hati Manusia yang Dijaga Allah

Allah menjadikan godaan-godaan setan, apa yang diperdengarkan setan, apa yang dibisikkan dari berbagai ke ragu-raguan dan berbagai syubhat sebagai bentuk ujian bagi hati manusia.

Sehingga hati manusia tatkala menerima godaan fitnah-fitnah ini, hati manusia terbagi menjadi tiga macam. Dua macam hati yang tergoda, sebagaimana disebutkan dalam ayat 53 dengan sebutan hati yang sakit dan hati yang keras.

Dan satu hati yang selamat, sebagaimana yang disebutkan dalam ayat 54, dengan sebutan hati yang tunduk.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan