PSM UNPAR Raih Juara Kedua di Kompetisi International Choir Competition Prof. Georgi Dimitrov Bulgaria

JABAR EKSPRES – Paduan Suara Mahasiswa Universitas Katolik Parahyangan (PSM UNPAR) berhasil meraih juara kedua dalam kategori Mixed Choir pada ajang The 42nd International Choir Competition “Prof. Georgi Dimitrov” di Varna, Bulgaria, yang berlangsung pada 12-15 September 2024.

Kompetisi ini merupakan salah satu kompetisi bergengsi karena termasuk dalam rangkaian European Grand Prix for Choral Singing yang merupakan rangkaian kompetisi paduan suara tersulit di Eropa.

Sebagai satu-satunya perwakilan Indonesia, PSM UNPAR bersaing dengan paduan suara dari berbagai negara seperti Filipina, Hong Kong, Latvia, Slovenia, Bulgaria, Irlandia, dan Italia, serta berhasil mengungguli lima paduan suara kelas dunia.

Youth Choir Kamēr… dari Latvia meraih juara pertama, PSM UNPAR meraih juara kedua, New Dublin Voices dari Irlandia meraih juara ketiga, Emil Komel Mixed Youth Choir dari Italia meraih juara keempat, dan Academic Choir Tone Tomšič of the University of Ljubljana dari Slovenia meraih juara kelima dalam kategori Mixed Choir.

Dalam kompetisi ini, PSM UNPAR, yang terdiri dari 35 penyanyi di bawah arahan konduktor Ega Azarya, berhasil memukau para juri dengan interpretasi dan pembawaan setiap lagu.

Pada penampilan mereka pada 13 September 2024 di Yunashi Salon Hall, PSM UNPAR membawakan karya aransemen musisi Indonesia sekaligus Music Director PSM UNPAR, Ivan Yohan, yang berjudul “Après un rêve” dengan lirik dari puisi klasik berbahasa Prancis.

Selain itu, mereka juga menyuguhkan lagu-lagu seperti “Omnes De Saba Venient” (Orlando di Lassus), “Noche” (Lorenzo Donati), “O Radix Jesse” (Ambrož Čopi), “Great God Of Love” (Robert Lucas Pearsall), serta lagu wajib “Trenke, Todorke” (Slavil Dimitrov).

Kemudian, PSM UNPAR berhasil melaju ke Varna Grand Prix yang dilaksanakan keesokan harinya di tempat yang sama.

Pada babak ini, PSM UNPAR membuka penampilan dengan lagu “Exsultate” (Brian Edward Galante), dilanjutkan dengan beberapa lagu baru seperti “Jubilate Deo Universa Terra” (Tine Bec) dan “Gloria Alleluia” (Darius Lim).

Dari dua kategori yang diperlombakan, yaitu Chamber Choir dan Mixed Choir, hanya dua tim paduan suara terbaik yang dipilih dari masing-masing kategori untuk tampil di babak Grand Prix ini.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan