Jangan Ditahan Lagi, Ini Bahaya Kalau Kurang Minum

JABAR EKSPRES – Kurang mengonsumsi minum atau cairan ternyata bisa menimbukan bahaya bagi kesehatan tubuh manusia. Karena bisa beresiko pada beberapa gangguan hingga berpotensi menjadi penyakit yang berbahaya.

Sebagaimana diketahui, tubuh manusia terdiri dari sekitar 60 persen berupa cairan atau air, Sehingga jika asupan cairan kurang, maka bisa pastikan tubuh akan mengalami gangguan.

Karenanya pastikan untuk cukup minum setiap hari sebagais alah satu upaya menjaga tubuh tetap segar, bugar dan sehat.

Baca juga : Miliki Kebiasaan Minum Air Putih di Pagi Hari? Ini Manfaatnya!

Beberapa gangguan ringan yang bisa terjadi jika kita kurang minum, biasanya akan menyebabkan terjadinya hal berikut ini:

– Dehidrasi
– Masalah Pencernaan
– Penurunan Energi
– Gangguan fungsi ginjal.

Selain empat masalah diatas, ada juga masalah lain yang bisa timbul terkait dengan cairan dalam tubuh manusia, yakni Infeksi saluran kemih dan masalah pada kandung kemih.

Hal ini biasanya timbul salah satunya karena sering menahan pipis terlalu lama. Meski kandung kemih dapat menampung hingga setengah liter urin sebelum muncul rasa ingin pipis, namun membiarkannya terlalu lama dan tidak segera dikeluarkan, akan meningkatkan resiko penyakit tersebut.

Untuk mengetahui apakah kondisi saluran kita sehat dan urin normal, kita bisa mengeceknya melalui warna urin berikut ini:

1. Pucat, tidak berbau, dan banyak.

Ini menandakan bahwa anda terhidrasi dengan baik. Tetaplah minum dengan jumlah yang sama.

baca juga : Manfaat Baik Konsumsi Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh!

2. Sedikit lebih gelap warna urine kuning.

Ini berarti anda perlu minum lebih banyak air minumlah segelas air sekarang.

3. Lumayan gelap, urine kuning

Ini menandakan sedang dalam keadaan kekurangan cairan,
segera minum 2-3 gelas air mulai sekarang.

4. Gelap, urine yang berbau lebih kuat dalam jumlah kecil bisa menjadi tanda dehidrasi, minumlah satu botol air besar segera !.

Sebaiknya mulai sekarang lebih peduli lagi dengan kbutuhan tubuh, jaga kesehatan tubuh dengan kebiasaan sederhana, yakni minum cukup air dan jangan menahan pipis.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan