10 Buah dan Sayur yang Bikin Awet Muda,  Dijamin Terlihat Lebih Muda dari Umurnya

Penelitian yang dipublikasikan di Gerontology juga menemukan bahwa konsumsi blueberry dapat membantu mengurangi risiko gangguan neurologis terkait usia seperti Alzheimer, demensia, dan penyakit Parkinson.

Baca juga :  Menjaga Kesehatan Kulit, Ketahui Manfaat Lain Konsumsi Buah Sirsak

4. Brokoli

Jika Anda menyukai brokoli, tambahkan brokoli sebagai lauk pada makanan Anda berikutnya, karena sayuran ini dikaitkan dengan umur panjang yang lebih baik.

Menurut Manaker, brokoli kaya akan serat, vitamin C dan K, zat besi, dan sejumlah antioksidan lain yang telah terbukti menurunkan risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung dan kanker.

5. Buah Bit

Sayuran akar-akaran yang segar dan sederhana ini sangat penuh nutrisi, termasuk serat, folat (vitamin B9), mangan, potasium, zat besi, dan vitamin C.

Bit dan jusnya memiliki banyak manfaat kesehatan, seperti meningkatkan aliran darah, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan kinerja olahraga, berkat kandungan nitratnya yang tinggi.

Senyawa ini diubah menjadi oksida nitrat di dalam tubuh, meningkatkan pelebaran pembuluh darah sehingga mengarah pada sirkulasi darah yang lebih baik serta pengiriman oksigen ke seluruh tubuh.

6. Mangga

Buah tropis ini tidak hanya memanjakan lidah, tetapi juga bermanfaat untuk umur panjang. Mangga kaya akan vitamin A dan C, yang berperan penting dalam fungsi kekebalan tubuh dan kesehatan kulit dan antioksidan.

Selain bikin awet muda, mangga dapat mendukung kesehatan pencernaan dan membantu menjaga kesehatan mikrobioma usus, yakni komponen penting untuk kesehatan secara keseluruhan dan umur panjang.

7. Alpukat

Alpukat merupakan makanan super yang telah dikaitkan dengan segudang manfaat kesehatan. Alpukat secara khusus dapat membantu menjaga anti penuaan yang sehat dan umur panjang.

Alpukat juga kaya akan serat dan dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan meningkatkan kesehatan usus. Penelitian juga menunjukkan bahwa alpukat dapat membantu mengurangi kolesterol LDL (jenis kolesterol jahat) yang secara langsung dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

8. Bayam

Saat Anda mencari makanan padat nutrisi, sayuran berdaun hijau merupakan jawaban yang baik.

Sebagai permulaan, sayuran berdaun hijau secara umum telah dikaitkan dengan penurunan kognitif yang lebih lambat karena nutrisi dan senyawa bioaktifnya seperti lutein, beta-karoten, nitrat, dan folat. Tapi bayam, khususnya, juga terbukti membantu menurunkan tekanan darah karena kadar potasiumnya yang lebih tinggi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan