Mendekati Pilkada Serentak, KPU Kota Banjar Kedatangan Bilik Suara

JABAR EKSPRES – Logistik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024 mulai didistribusikan ke setiap KPU di tingkat kabupaten kota di Indonesia. Pendistribusian tersebut salah satunya telah diterima oleh KPU Kota Banjar, Jawa Barat. Ribuan logistik berupa bilik suara telah tiba di KPU Kota Banjar yang dikirimkan langsung dari percetakan di wilayah Jawa.

“Kita telah kedatangan logistik bilik suara. Kemarin sudah sampai dan disimpan di gudang KPU. Total lebih dari 1.000 bilik suara,” kata, Ketua KPU Kota Banjar, Muhammad Mukhlis, di sela kegiatan pengecekan logistik Pilkada Serentak 2024 di Gudang Logistik KPU Kota Banjar, Jalan Siliwangi, Desa Mekarharja, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar, Jumat 13 September 2024.

Mukhlis menjelaskan bahwa logistik yang diterima KPU Kota Banjar merupakan kiriman langsung dari tempat percetakan yang ditunjuk oleh KPU RI. Saat ini, logistik yang telah diterima dan mulai didistribusikan baru berupa bilik suara. Sementara itu, untuk surat suara masih menunggu proses penetapan calon dan nomor urut.

“Surat suara masih menunggu juknis KPU RI, terutama terkait format dan sebagainya. Cetak belum dilakukan karena belum ada penetapan,” tambahnya.

BACA JUGA:Pendidikan Politik Partai Hanura Kota Banjar: Perkuat Dukungan untuk Pasangan BADAMI di Pilkada 2024

Terkait keamanan lokasi gudang KPU, Mukhlis menegaskan bahwa setiap harinya ada petugas keamanan internal KPU yang bersiaga. Lokasi gudang yang digunakan juga sudah terbukti aman karena merupakan gudang utama yang digunakan KPU Kota Banjar pada Pemilu 2024 sebelumnya.

“Sementara gudang kita masih menggunakan gudang utama. Untuk residu logistik Pemilu 2024 kemarin, akan kita pindahkan ke gudang lain agar tidak tercampur dengan logistik Pilkada Serentak 2024,” jelas Mukhlis.

Dalam tahapan Pilkada Serentak 2024, KPU Kota Banjar saat ini sedang melakukan verifikasi keabsahan dokumen pencalonan.

“Kita masih dalam tahap verifikasi keabsahan dokumen pencalonan. Setiap tahapan selalu diawasi oleh Bawaslu dan tahapan ini segera selesai,” ungkapnya.

BACA JUGA:Maju Dalam Kontestasi Pilkada Bandung 2024, Paslon Arfi Rafnialdi-Yena Iskandar Ma’soem Optimis Dapat Dukungan Warga

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kota Banjar, Rudi Ilham Ginanjar, menambahkan bahwa dalam pengawasan logistik, pihaknya terus berkoordinasi dengan KPU Kota Banjar. Pada saat kedatangan logistik Pilkada Serentak 2024 berupa bilik suara di gudang KPU, pihak Bawaslu juga hadir untuk melakukan pengawasan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan