Terima SE Pemprov Jabar Terkait Megathrust Selat Sunda, Begini Tanggapan Pemkot Bandung

JABAR EKSPRES – Surat edaran dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) sudah diterima Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung beberapa waktu lalu. Hal ini diakui instansi Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB).

Dalam Surat Edaran (SE) Nomor: 128 PB.01.03/BPBD tersebut, berisi tentang meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan potensi gempa bumi megathrust di Selat Sunda. Edaran itu merespon informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), terkait kesiapsiagaan beberapa wilayah Zona Megathrust Indonesia.

Menanggapi informasi itu, Kepala Diskar PB Kota Bandung, Gun Gun Sumaryana mengakui sudah menerima SE yang dimaksudkan. Saat ini pihaknya pun sedang membuat edaran yang bakal disampaikan terhadap Pemkot Bandung.

BACA JUGA: 25 Pelajar Class 8 Billingual 2 SMP Taruna Bakti Edu Trip ke Jabar Ekspres

“Membuat juga edaran yang akan ditandatangani oleh Bapak Wali Kota sesuai dengan edaran yang ada edaran dari Pak Gubernur,” ungkap Gin Gin kepada wartawan, belum lama ini.

Dirinya merincikan beberapa hal jadi sorotan berkenaan antisipasi kebencanaan tersebut, salah satunya langkah evakuasi. Namun dia memastikan, hal ini sudah kerap dilakoni Diskar PB Kota Bandung.

“Diantaranya sosialisasi, simulasi, itu sebetulnya sudah banyak dilakukan oleh teman-teman Diskar PB. Tentu dengan perangkat daerah dan kewilayahan,” jelasnya.

BACA JUGA: Zero Emission Zone Akan Diterapkan di Kantor Perangkat Daerah Pemdaprov Jabar

“Dan nanti surat edaran tersebut, hari ini memang tadi sudah disiapkan. Cuma ada beberapa poin yang terperiksa dalam penyempurnaan,” pungkasnya.

Sementara itu berdasarkan SE Pemprov Jabar, langkah-langkah Kesiapsiagaan Zona Megathrust tersebut meliputi sejumlah poin, yakni sebagai berikut:

Pertama, berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) bahwa Indonesia sebagai wilayah Zona Megathrust memiliki potensi gempa bumi yang dapat melepaskan energi gempa signifikan yang dapat terjadi sewaktu-waktu dan dalam berbagai kekuatan.

Sampai saat ini belum ada teknologi yang dapat memprediksi gempa bumi dengan tepat dan akurat, dari kapan, dimana dan berapa kekuatannya.

BACA JUGA: Kapan Aplikasi AEG Akan Scam? Ciri-Ciri dan Modus Scam Sebelum Terlambat!

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan