Hadapi Ancaman Gempa Bumi, Lapas Sukamiskin Siapkan Penanganan Khusus

JABAR EKSPRES – Lapas Klas 1 Sukamiskin yang berada di Kota Bandung, menyiapkan penanganan khusus untuk menghadapi ancaman bencana gempa bumi. Selain ancaman Sesar Lembang, kini muncul juga megathrust yang lebih menakutkan.

Untuk meminimalisasi risiko korban bencana gempa bumi, Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas Sukamiskin, Eris Ramdani telah memiliki rencana penguatan dalam menyikapi kontijensi gempa bumi, terutama dari segi fungsi pengamanan.

Rencana tersebut Eris paparkan dalam materi Penguatan Fungsi Pengamanan dalam Menyikapi Kontijensi Gempa Bumi Pada Lapas Klas 1 Sukamiskin. Eris yang merupakan peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator angkatan 73 tahun 2024 pada BPSDM Kementerian Hukum dan HAM mengaku perlu melakukan upaya-upaya kontijensi kebencanaan di Lapas Sukamiskin.

Baca juga : Program TJSL Bio Farma Berikan Bantuan Mesin Untuk LAPAS Jelekong & Sukamiskin Bandung

Menurutnya, Lapas Sukamiskin yang berada di Kota Bandung dikelilingi pegunungan dan di bawah patahan atau Sesar Lembang, memiliki risiko cukup tinggi terjadinya bencana gempa bumi.

Eris berkaca pada bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur pada 21 November 2022 lalu, berdampak pada Lapas Cianjur, ketika 1 petugas dan 8 narapidana luka berat, serta 1 warga binaan melarikan diri.

“Prioritas program penanggulangan bencana alam yang perlu menjadi prioritas, antara lain mengurangi risiko bencana yang disebabkan oleh faktor alam dan kegagalan teknologi dengan mengurangi risiko kerugian jiwa, infrastruktur, serta fasilitas yang ada,” kata Eris di Bandung, Selasa 10 September 2024.

Eris menuturkan, untuk menyikapinya perlu melakukan kegiatan deteksi dini terhadap ancaman, baik yang bersifat struktural maupun fisik. Kemudian ada manajemen penanggulangan bencana di Lapas Sukamiskin yang merupakan tahapan proses yang tidak terputus, diawali dengan deteksi dini, pencegahan, mitigasi, kesiapsiagaan, peringatan dini, penanganan darurat bencana, termasuk pertolongan yang dilakukan oleh Tim Tanggap Darurat serta rehabilitasi dan rekontruksi untuk membangun dengan lebih baik dan lebih aman.

Baca juga : Puluhan Napi Korupsi di Lapas Sukamiskin Dapat Remisi Natal

“Lalu kita membangun sistem penanggulangan bencana di lingkungan Lapas Sukamiskin, berupa regulasi kelembagaan, peningkatan kapasitas personil, dan pendanaan yang berkesinambungan,” jelasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan