Jangan Panik, ini 10 Cara Mengatasi Serangan Vertigo Sebelum ke Dokter

JABAR EKSPRES – Serangan vertigo bisa datang secara mendadak, bagi penderitanya biasanya akan mengalami kepanikan, karena semua yang dilihatnya seperti gempa yang berputar-putar. Sebaiknya jangan panik jika terjadi hal tersebut, namun lakukan beberapa cara sederhana yang efektif mengatasi serangan vertigo sebelum dibawa ke dokter.

Dalam dunia kedokteran, Vertigo bukanlah penyakit, melainkan gejala dari suatu penyakit tau kondisi lain seperti terjadinya masalah dalam telinga atau gangguan otak.

Vertigo dirasakan berupa sensasi berputar atau merasa tidak seimbang, dan bisa sangat mengganggu. Jika mengalami serangan vertigo, berikut adalah langkah-langkah penanganan pertama yang dapat dilakukan:

1. Temukan Tempat yang Aman

Jika Anda merasa akan mengalami vertigo, cari tempat yang aman untuk duduk atau berbaring. Pastikan untuk menghindari gerakan yang tiba-tiba agar tidak memperburuk rasa pusing.

Baca juga : Kenali Gejala Ramsay Hunt Syndrome pada Anak, Berikut Penjelasannya

2. Posisi Berbaring

Berbaringlah di samping yang tidak terpengaruh saat merasa pusing. Ini dapat membantu mengurangi sensasi berputar. Pegang kepala Anda dengan posisi agak miring untuk membantu menenangkan gejala.

3. Tutup Mata

Menutup mata atau menghindari pandangan ke arah benda-benda yang bergerak dapat membantu mengurangi perasaan vertigo. Kebisingan atau cahaya yang terlalu terang juga sebaiknya dihindari.

4. Kendalikan Napas

Tarik napas dalam-dalam dan perlahan-lahan. Cobalah teknik pernapasan untuk mengurangi kecemasan yang mungkin timbul akibat sensasi vertigo.

5. Hidrasi

Pastikan Anda terhidrasi dengan baik. Dehidrasi dapat memperburuk gejala vertigo. Minum sedikit air bisa membantu.

6. Hindari Gerakan Tiba-tiba

Saat berdiri atau bergerak, lakukan dengan perlahan. Hindari gerakan tiba-tiba yang dapat memicu serangan vertigo lebih lanjut.

Baca juga : Apa Itu Sindrom Ramsay Hunt yang Dialami Justin Bieber? Ini Penjelasannya

7. Kompres Dingin

Menggunakan kompres dingin di bagian belakang leher atau kepala dapat membantu meredakan beberapa gejala vertigo. Pastikan untuk tidak terlalu dingin, cukup gunakan kain dengan air dingin.

8. Minum Obat Antihistamin

Jika Anda memiliki akses dan sudah berkonsultasi sebelumnya dengan dokter, obat antihistamin seperti dimenhydrinate atau meclizine dapat membantu meredakan gejala vertigo. Namun, gunakan obat hanya sesuai petunjuk dan sekali saja jika diperlukan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan