BI Tasikmalaya Gelar FES x CBP FUNTASTIC, Dongkrak Literasi Ekonomi Syariah

JABAR EKSPRES – Untuk mengakselerasi ekonomi dan keuangan syariah, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tasikmalaya menggelar Festival Ekonomi Syariah dan Cinta, Bangga, Paham Rupiah bertajuk “FES x CBP Funtastic 2024” di Alun-Alun Dadaha Kota Tasikmalaya, 6-8 September 2024.

Acara yang berkolaborasi dengan pemerintah daerah, perbankan, asosiasi, akademisi dan pelaku usaha ini juga bertujuan mendorong halal life style di era digital, meningkatkan literasi dan pemahaman masyarakat terhadap rupiah di wilayah Priangan Timur.

Hadir dalam pembukaan FES x CBP Funtastic 2024 PJ Wali Kota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah; Kepala Perwakilan Bank Indonesia Tasikmalaya Laura Rulida ESP; jajaran Forkompida Kota Tasikmalaya; Perwakilan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat;  tokoh Masyarakat; perbankan; UMKM; dan tamu undangan lainnya.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Tasikmalaya Laura Rulida ESP mengatakan, salah satu permasalahan mendasar dari pengembangan ekonomi syariah di Indonesia termasuk di Priangan Timur yakni dari sisi literasi. Tingkat literasi dan pemahaman masyarakat tentang ekonomi dan keuangan syariah masih tergolong rendah.

“Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Bank Indonesia pada tahun 2023, indeks literasi ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia baru mencapai 28,01 persen,” ujar Laura saat pembukaan FES x CBP Funtastic 2024, 6 September 2024.

Untuk itu, sinergi pengembangan ekonomi dan keuangan syariah baik di Priangan Timur ataupun di Kota Tasikmalaya harus terus ditingkatkan.

Terlebih, Indonesia salah satu negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia. Begitu pun Kota Tasikmalaya yang terkenal dengan sebutan Kota Santri. “Sehingga potensi pengembangan ekonomi serta keuangan berbasis syariah sangat terbuka lebar,” ujarnya.

Salah satu upaya Bank Indonesia untuk meningkatkan literasi tersebut dengan kegiatan edukasi publik seperti FES x CBP Funtastic. Ini bagian dari tiga pilar pengembangan ekonomi syariah yang dilakukan oleh Bank Indonesia yaitu pemberdayaan ekonomi syariah, pendalaman pasar keuangan syariah dan penguatan riset, asesmen dan edukasi.

“Hal ini selaras dengan program Cinta, Bangga, Paham Rupiah yang bertujuan untuk memperkuat kedaulatan nasional melalui penggunaan Rupiah,” katanya.

Laura berharap, FES x CBP Funtastic dapat memperkenalkan kampanye ekosistem ekonomi syariah untuk mendorong perkembangan ekonomi syariah yang selaras peningkatan kecintaan, kebanggaan dan pemahaman terhadap rupiah di kalangan masyarakat Kota Tasikmalaya. Untuk itu dalam acara tersebut dilakukan juga deklarasi kerja sama dan implementasi modul ajar CBP Rupiah.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan