Jumlah Fraksi DPRD Jabar Bakal Bertambah

JABAR EKSPRES – Jumlah Fraksi di DPRD Jabar nampaknya bakal bertambah. Hal itu diungkapkan Anggota DPRD Jabar sekaligus Sekretaris DPD Golkar Jabar MQ Iswara, Kamis (5/9).

Iswara menguraikan, Anggota DPRD Jabar yang baru dilantik ingin cepat kerja. Makanya sesuai rencana, besuk (Jumat) bakal langsung menggelar Rapat Paripurna.

Paripurna perdana untuk Anggota DPRD Jabar periode 2024-2029 itu rencananya bakal membahas pimpinan dan personalia fraksi di DPRD Jabar. “Besuk (Jumat.red) rencananya diparipurnakan,” cetusnya.

Iswara melanjutkan, dalam pembicaraan internal yang berlangsung kemungkinan besar jumlah fraksi akan bertambah dibanding periode sebelumnya. “Rencana ada 9 fraksi,” sambungnya.

BACA JUGA: Siagakan Mobil Tangki Air Bersih, BPBD KBB: Warga Bisa Ajukan Permintaan

Jumlah itu lebih banyak jika dibandingkan periode sebelumnya yang hanya ada 8 fraksi. Yakni Fraksi Gerindra Persatuan, Partai Keadilan Sejahtera, PDIP, Partai Golkar, PKB, Partai Demokrat, PAN dan Nasdem Persatuan.

Namun Iswara belum merinci bagaimana komposisi dari fraksi yang akan terbentuk itu. Yang jelas dari 10 parpol yang memiliki kursi di DPRD bakal bergabung dalam 9 fraksi.

Hasil pemilu 2024 lalu telah ditetapkan 10 parpol yang dimaksud adalah, Partai Gerindra dengan 20 kursi, PKS dan Partai Golkar dengan 19 kursi, PDIP dengan 17 kursi, PKB dengan 15 kursi, Partai Demokrat 8 kursi, Partai Nasdem 8 kursi, PAN 7 kursi, PPP dengan 6 kursi dan PSI dengan 1 kursi.

BACA JUGA: Siswa SDIT Aliya Kota Bogor Kuasai Teknologi Robotik, Ciptakan Sejumlah Inovasi

Iswara melanjutkan, selepas paripurna para wakil rakyat bakal menjalani bimtek. Baru setelah itu akan membahas tata tertib. Setelah itu pembahasan akan berlanjut seperti pembentukan Alat Kelengkapan Dewan, maupun pemilihan pimpinan dewan definitif.(son)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan