Ribuan Pelanggan PDAM Terdampak Kemarau, Perumda Tirta Raharja Lakukan Berbagai Upaya Tanggulangi Masalah

JABAR EKSPRES – Direktur Utama Perumda Tirta Raharja, Teddy Setiabudi mengakui jika pada musim kemarau saat ini ada ribuan sambungan rumah (SR) pelanggan Perumda Air Minum Tirta Raharja mengalami gangguan pelayanan.

”Khusus untuk pelayanan air minum Perumda Tirta Raharja KP (Kantor Pelayanan) Cimahi, menunjukan ketersediaan kapasitas sumber air bakunya mengalami penurunan sekitar 52 persen sampai 59 persen,” ungkap Teddy melalui siaran tertulisnya, Rabu (4/9).

Menurut Teddy, penurunan tersebut berdampak pada terganggunya pendistribusian air ke sejumlah wilayah pelayanan di Kota Cimahi. Seperti di Wilayah Selatan yang meliputi Town Place, Pilar Mas, Kerkof, Leuwigajah, dan Nanjung  dengan total 1.931 SR (sambungan rumah).

”Untuk pelayanan Cimahi Wilayah Timur terjadi di Jalan Gandawijaya, Jalan Gatot Subroto, Jalan Lurah, dan Jalan Abdul Halim dengan total sebanyak 900 SR,” sebutnya.

Untuk tetap memberikan pelayanan terbaik terhadap masyarakat, terutama pada pelanggan, Perumda Air Minum Tirta Raharja pun melakukan sejumlah upaya untuk menanggulangi masalah.

”Kita melakukan pemeliharaan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Cipageran, melakukan rekayasa jaringan distribusi air bersih, dan penanggulangan air bersih melalui armada tangki,” bebernya.

Berkaitan dengan standar kualitas air minum, Teddy menjelaskan bahwa kualitas air minum Perumda Air Minum Tirta Raharja yang diolah dan didistribusikan kepada masyarakat Wilayah IV Cimahi sudah sesuai dengan standar baku mutu berdasarkan ketentuan standar kualitas air minum Permenkes Nomor 2 Tahun 2023 tentang Kesehatan Lingkungan.

”Untuk memudahkan pelanggan dalam menyampaikan keluhan pelanggan dan informasi lebih lanjut mengenai pelayanan air minum Perumda Air Minum Tirta Raharja, pelanggan dapat menghubungi atau mengirim pesan ke petugas pelayanan langganan kami, dengan format Nama_No Pelanggan_Uraian Pengaduan. Selanjutnya, kirimkan pesan dimaksud ke Contact Center 082136866866,” terangnya.

Perumda Air Minum Tirta Raharja adalah Perusahaan Umum Daerah yang melayani pemenuhan kebutuhan air minum/bersih bagi masyarakat/pelanggan di Kabupaten Bandung, Kota Cimahi, dan Kabupaten Bandung Barat dengan jumlah sambungan adalah sebanyak  116.170 SR, melayani 485.648 Jiwa.

Sebaran Pelanggan Perumda Air Minum Tirta Raharja di Kabupaten Bandung sebanyak 89.873 SR (361.356 Jiwa), Kota Cimahi sebanyak 14.559 SR (65.812 Jiwa), dan Kabupaten Bandung Barat sebanyak 11.738 SR atau 55.480 jiwa.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan