PIP September 2024 Sudah Cair di BNI dan BRI? Begini Cara Cek Siswa Penerima Dana Rp 450 Ribu

JABAR EKSPRES – Kabar baik! PIP September 2024 sudah cair, dan siswa penerima bisa mengambil dana Rp 450 ribu melalui bank BNI atau BRI. Penyaluran Program Indonesia Pintar (PIP) Kemdikbud 2024 untuk termin September telah dimulai sejak awal bulan di berbagai wilayah.

Orang tua atau siswa tingkat SD, SMP, dan SMA bisa dengan mudah mengecek tanda-tanda bahwa dana PIP telah cair melalui ponsel mereka.

PIP Kemdikbud 2024 adalah bantuan yang diberikan kepada siswa SD, SMP, dan SMA untuk meringankan beban ekonomi mereka, sehingga dapat membeli kebutuhan sekolah.

Setiap jenjang pendidikan menerima jumlah yang berbeda, berikut rinciannya:

  • Siswa SD, SDLB, atau Paket A: Rp 450.000
  • Siswa SMP, SMPLB, atau Paket B: Rp 750.000
  • Siswa SMA, SMK, SMALB, atau Paket C: Hingga Rp 1.800.000, dengan siswa kelas 10 dan 12 mendapatkan antara Rp 500.000 hingga Rp 900.000.

Penyaluran PIP Kemdikbud 2024 terus berlangsung, dan dana sebesar Rp 450 ribu untuk siswa SD sudah bisa dicairkan melalui bank BRI sejak awal September.

Pemerintah, melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek), terus menyalurkan dana PIP ini di berbagai wilayah, termasuk Jawa Timur.

BACA JUGA: Cek Jadwal Pencairan dan Penerima Dana PIP 2024 untuk SD hingga SMA

Untuk mengetahui apakah dana PIP Kemdikbud bulan September 2024 cair atau sudah masuk ke rekening SimPel Anda, Anda bisa memeriksanya melalui laman SIPINTAR.

Dengan memanfaatkan fitur ini, siswa tidak perlu bolak-balik ke bank penyalur untuk memastikan dana PIP mereka sudah cair.

Berikut cara cek tanda bahwa dana PIP Kemdikbud 2024 sudah cair:

  1. Buka aplikasi Google di HP atau PC Anda.
  2. Kunjungi laman pip.kemdikbud.go.id.
  3. Masukkan NIK (Nomor Induk Kependudukan) yang terdapat di Kartu Keluarga (KK).
  4. Lengkapi dengan NISN (Nomor Induk Siswa Nasional).
  5. Masukkan hasil penjumlahan yang diminta.
  6. Klik menu “Cek Penerima PIP.”
  7. Tunggu hingga informasi muncul di layar.

Tanda bahwa dana PIP Kemdikbud 2024 sudah cair adalah perubahan status dari SK Nominasi menjadi SK Pemberian.

Dengan adanya informasi ini, siswa dan orang tua bisa lebih mudah memastikan bahwa bantuan telah tersedia dan siap digunakan untuk keperluan pendidikan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan