Sawah di Kota Bandung Mulai Terdampak Kekeringan?

JABAR EKSPRES – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung menyampaikan, pihaknya sudah menerima satu laporan perihal dampak kekeringan terhadap sejumlah sawah di kawasan Bandung Timur.

Menurut Kepala DKPP Kota Bandung, Gin Gin Ginanjar, hal tersebut dialami sekitar ratusan tumbak sawah di wilayah Kecamatan Gede Bage. Adapun tim yang diturunkan pihaknya sudah menyisir lokasi tersebut beberapa waktu lalu.

“Ada satu petak sawah yang berada di perbatasan jalan tol. Ada laporan kekeringan. Kami coba konfirmasi dan memastikan juga kondisi yang lainnya. Pasti sekarang produksi berkurang dan ini berpengaruh,” tutur Gin Gin saat dikonfirmasi, Senin (2/9).

Akan tetapi, dirinya menyebut kekeringan ekstrem belum begitu terjadi di Kota Bandung. “Kami sedang berhitung, cuman secara real belum terjadi sampai hari ini,” sebutnya.

Dia menambahkan, laporan dari para petani, aliran air dari bendungan atau drainase saat ini kian berkurang. DKPP Kota Bandung, kata Gin Gin, masih berkoordinasi dengan intansi terkait untuk menangani masalah tersebut.

“Keluhannya drainase dan bendungan yang menurun. Lalu harus ada jaringan irigasi yang jadi. Ada kewenangan (instansi lain) yang punya kewenangan irigasi. Secepatnya harus ada penanggulangan,” tambahnya.

“Kami sedang melakukan pendalaman terhadap beberapa laporan tadi. Namun sampai kemarin belum ada informasi yang betul-betul secara pasti kekeringan hingga tidak bisa panen,” jelas Gin Gin.

Pada musim kemarau tahun ini, dia dia memastikan bahwa sejumlah antisipasi kekeringan sudah dilakukan. Seperti salah satunya menyiapkan ketersediaan pompa air bagi para petani. Dimana alat itu mampu dimanfaatkan bagi mereka yang dilanda kesulitan pasokan air.

“Kami bakal koordinasi di Gede Bage. Disana masih ada lahan sawah (terdampak kekeringan). Salah satu permasalahannya tidak ada sumber air dan irigasi. Ini (harus) antisipasi tersebut,” paparnya.

“Kementerian pun sudah memberi surat imbauan bahwa untuk intens antisipasi hal tersebut. Maka kami sudah mulai pantau lapangan, kami sudah membagikan pompa-pompa air ke petani. Ini sudah siapkan,” pungkasnya.

Writer: Muhammad Nizar

Tinggalkan Balasan