Bakar Sampah, Alang-alang di Bandung Barat Ikut Terbakar

JABAR EKSPRES – Sebuah lahan kosong yang berada di Kampung Cibogo RT 03 RW 04 Desa Citatah, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB), terbakar pada Rabu, 28 Agustus 2024.

Kebakaran itu terjadi diduga akibat ada warga yang membakar sampah, namun tidak dilakukan pengawasan sehingga api merambat dan membakar alang-alang.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bandung Barat, Siti Aminah Anshoriah mengatakan, pihaknya menerima laporan peristiwa kebakaran sekitar pukul 18.15 WIB. Setelah itu anggota langsung bergerak ke lokasi untuk melakukan penanganan pemadaman api.

“Sekitar pukul 18.17 WIB Damkar memberangkatkan satu unit mobil water supply dari Pos Damkar Bandung Barat,” katanya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Kamis, (29/8/2024).

JUGA: Ada Deklarasi Dua Calon Kepala Daerah, Ini Rekayasa Lalu Lintas di Kabupaten Bandung

Kebakaran sendiri bermula ketika ada seorang warga yang tengah melakukan pembakaran sampah namun tanpa adanya pengawasan.

“Berdasarkan informasi dari petugas yang melakukan pemadaman ada salah seorang warga melakukan pembakaran sampah tanpa adanya pengawasan, sehingga api merambat ke alang-alang di sekitar lokasi,” jelasnya.

“Alhamdulillah satu aset berupa rumah kosong milik warga dan satu rumah makan sunda terselamatkan, karena petugas pemadam dengan cepat langsung melakukan pemadaman api di lokasi,” sambungnya.

Untuk itu, Siti mengimbau kepada masyarakat untuk tidak sembarangan saat membakar sampah, terutama di area-area yang terbuka dan penuh dengan alang-alang.

“Kami mengimbau kepada masyarakat agar tidak sembarangan membakar sampah. Kalau terpaksa membakar sampah harus diawasi jangan sampai minim pengawasan,” jelasnya.

Selain itu, ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara dibakar karena berpotensi besar merugikan warga di sekitarnya.

“Dengan kondisi kemarau dan angin kencang membuat api mudah merambat,” tandasnya. (Wit)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan