Cegah Mpox Masuk Indonesia, Pengawasan Bandara Soetta dan Ngurah Rai Diperketat

JABAR EKSPRES – Cegah importasi penyakit cacar monyet atau Mpox masuk Indonesia, pemerintah meningkatkan kewaspadaan dan memperketat pengawasan di Bandara Soekarno-Hatta dan Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali.

‘’Tadi pagi, kami sudah rapat terbatas (ratas) dengan Bapak Presiden Joko Widodo dan diputuskan untuk kita tingkatkan kewaspadaan,’’ kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, dikutip dari ANTARA, Rabu (28/8).

Sandi mengatakan pengawasan pada jalur perjalanan internasional itu, mulai dari pemeriksaan suhu badan, fisik dan pengisian kartu kewaspadaan kesehatan elektronik (Electronic-Health Alert Carde/e-HAC).

BACA JUGA: Perkuat Jaringan di Korea Selatan, BRI Rayakan HUT ke-79 RI Bersama Diaspora

‘’Pengecekan suhu dan fisik di Bandara itu dilakukan karena penyakit Mpox dapat terdeteksi melalui suhu yang tinggi dan deteksi secara fisik. Nah, makanya kita lakukan,’’ kata Sandi.

Menurut Sandi, aplikasi e-HAC yang diberlakukan pada masa pandemi Covid-19 akan kembali diterapkan. Apalagi, Indonesia akan menggelar Forum Indonesia-Afrika (IAF) ke-2 di Bali pada 1 sampai 3 September 2024.

Meskipun demikian, kata Sandi, pemerintah belum melarang atau melakukan pembatasan terhadap perjalanan internasional.

BACA JUGA: RSUD Ciawi Resmikan Sigarda Mas, Ini Tujuannya!

‘’Tidak ada bentuk larangan atau pembatasan, yang ada adalah meningkatkan kewaspadaan (penyakit Mpox),’’ kata Sandi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan