Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) Mendorong UMKM Untuk Naik Kelas serta Mandiri dan Berkelanjutan

JABAR EKSPRES – Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) adalah salah satu contoh nyata bagaimana Astra berperan aktif dalam membangun bangsa, khususnya melalui pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Didirikan pada 2 Mei 1980 oleh pendiri Astra, William Soeryadjaya, YDBA menjadi perwujudan nyata dari cita-cita Astra untuk “Sejahtera Bersama Bangsa”.

Hal ini juga sejalan dengan filosofi Astra, Catur Dharma, yang menekankan pentingnya menjadi entitas yang bermanfaat bagi bangsa dan negara.

Peran YDBA dalam Pengembangan UMKM

YDBA berkomitmen untuk berperan aktif dalam membangun bangsa melalui pengembangan UMKM.

Sebagai bagian dari Astra Strategic Triple Roadmap, YDBA berada di bawah payung Astra Kreatif, yang fokus pada program kewirausahaan.

Melalui berbagai inisiatif, YDBA berupaya mendorong UMKM untuk berkembang dari sentra industri tradisional menjadi sentra industri modern.

Program Sektor Unggulan: Mengembangkan UMKM Menuju Kemandirian

Salah satu upaya utama YDBA adalah Program Sektor Unggulan, yang dirancang untuk memberikan pelatihan, pendampingan, serta fasilitasi pemasaran dan pembiayaan kepada UMKM.

Program ini bertujuan untuk membantu UMKM mencapai kemandirian, naik kelas, dan berkelanjutan dalam jangka panjang.

YDBA menyadari bahwa UMKM memiliki potensi besar untuk menjadi penggerak ekonomi Indonesia.

Oleh karena itu, melalui program-programnya, YDBA memberikan dukungan yang komprehensif agar UMKM dapat bersaing di pasar yang semakin kompetitif.

Berikut ini beberapa UMKM yang sudah mendapat bimbingan dari YDBA:

1. MADU AKOOH

Premium Raw Honey AKOOH adalah Madu Murni yang jelas Sanad-nya (Asal usulnya jelas). Berasal dari Lebah unggul Apis Mellifera dan Nektar Accasia Crasicarfa yang dipanen dari Hutan Riau & Jambi.

Premium Raw Honey AKOOH dipanen dengan cara ditiriskan (Tidak Diperas), lalu disaring, kemudian dikemas ke dalam botol kaca, dan siap untuk dijual.

PT AKOOH TOGETHER KINDNESS merupakan (Tangan Pertama) dan sudah memiliki beberapa perizinan diantaranya HALAL ID32110001394660123, PIR-T 1073217020036-28, dan SNI 8664:2018 BINA UMK.

Sejarah awal dibuat usaha ini adalah karena ingin memberikan edukasi terkait Madu Murni kepada masyarakat.

Lalu, Madu ini ada 5 jenis yaitu Madu Murni, Madu Asli, Madu Sirupan, Madu Oplosan, Madu Sintetis. dan Madu AKOOH merupakan madu murni. Madu AKOOH ini dapat diminum secara langsung atau dicampur dengan minuman & makanan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan