Pemkot Cimahi Resmikan Dua Taman Kota sebagai Pengembangan Ruang Terbuka Hijau

CIMAHI, JABAR EKSPRES – Pemerintah Kota Cimahi meresmikan dua taman kota, yaitu Taman Sriwijaya dan Taman Adiraga, pada Selasa (20/8).

Kedua taman tersebut merupakan bagian dari upaya Pemkot memperkuat ruang terbuka hijau di Kota Cimahi, sesuai dengan usulan dari Forum Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) Kota Cimahi, Endang menjelaskan pelaksanaan kegiatan ini didasari oleh Peraturan Daerah (Perda) Kota Cimahi Nomor 10 tahun 2013 tentang penyelenggaraan TJSL bagi perusahaan di Kota Cimahi.

“Dasar pelaksanaan kegiatan ini adalah Perda Kota Cimahi Nomor 10 tahun 2013 tentang penyelenggaraan TJSL bagi perusahaan di Kota Cimahi, serta keputusan wali kota tentang pembentukan forum dan sekretariat yang Alhamdulillah sudah terbentuk dan berjalan selama ini,” ungkap Endang di Taman Adiraga.

BACA JUGA:2 RW di Desa Cicalengka Kulon Kesulitan Air Setiap Kemarau, Sekdes: Kita Terus Berupaya!

Kemudian, Endang juga menekankan pentingnya perjanjian kerjasama yang melandasi penggunaan lahan untuk pembangunan taman.

Selain Taman Adiraga, lanjut Endang, Taman Sriwijaya yang berlokasi di depan Cimahi Mall juga diresmikan pada kesempatan yang sama.

“Kedua taman ini diharapkan dapat menjadi ruang alternatif bagi warga Cimahi untuk beraktivitas, berinteraksi sosial, rekreasi, dan berolahraga,” paparnya.

Endang juga menegaskan, setelah serah terima dari Bank BJB, pengelolaan taman akan dilanjutkan oleh DPKP, dengan rencana pengembangan lebih lanjut.

“Setelah serah terima dari BJB, taman-taman ini akan kita berikan sentuhan-sentuhan lagi sehingga dapat menjadi pilihan rekreasi bagi warga Cimahi,” tuturnya.

BACA JUGA:Pembangunan IKN masih Berlanjut, OIKN: Puncaknya di 2045

Sementara itu, Penjabat (Pj) Wali Kota Cimahi, Dicky Saromi, menggarisbawahi pentingnya keberadaan taman bukan hanya sebagai ruang terbuka, tetapi juga sebagai unsur pembentuk dan pengikat ruang kota.

“Keberadaan taman adalah untuk menjaga ekosistem dan estetika kota dalam menjaga iklim mikro dari suatu kota agar kesegaran dan kesehatan tetap terjaga,” ujar Dicky.

Menurut Dicky, keberadaan taman merupakan bagian dari upaya mengurangi polusi dan menyediakan lingkungan yang lebih sehat bagi masyarakat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan