Viral Video Kebakaran Lahan di Gunung Manglayang, Camat dan Kapolsek Jelaskan Kejadian Sebenarnya

JABAR EKSPRES – Warganet dihebohkan dengan adanya video viral di media sosial, yang menayangkan kawasan Gunung Manglayang, di wilayah Cilengkrang, Kabupaten Bandung, terbakar hebat pada Senin, 19 Agustus 2024 siang.

Kabar yang viral di media sosial tersebut, dinarasikan bahwa Gunung Manglayang terbakar hingga menghanguskan ratusan pohon pinus, bambu, alang-alang serta tanaman lainnya.

Ketika dikonfirmasi, Camat Cilengkrang, Agus Rizal membenarkan adanya kejadian kebakaran lahan di Gunung Manglayang yang viral videonya tersebut.

“Tapi kejadiannya bukan di Gunung Manglayang. Kebakaran itu terjadi di Kampung Cibejog, RT01 RW 02, Desa Melatiwangi, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung,” katanya melalui seluler.

Agus menerangkan, area lahan yang terbakar itu sekiranya seluas 3.780 meter dan tanahnya milik warga bernama Yuyun Wahyudi.

“Api yang membakar lahan tersebut, mengahuskan kebon bambu dan pohon lainnya serta alang-alang. Kejadiannya sekitar pukul 12.30 (WIB),” terangnya.

Agus menjelaskan, setelah dilakukan penanganan oleh petugas pemadam kebakaran (Damkar), kobaran si jago yang menghanguskan lahan berhasil dijinakkan.

“Api kini sudah berhasil dipadamkan, dengan menerjunkan mobil Damkar dari Cileunyi dan prosesnya juga dibantu warga,” jelasnya.

Agus menyampaikan, atas terjadinya peristiwa kebakaran lahan di wilayahnya tersebut, api hanya melahap tumbuhan saja.

“Alhamdulillah sudah aman dan tak ada korban jiwa ataupun luka-luka,” tukasnya.

Sementara itu, Kapolsek Cileunyi, Kompol Rizal Adam Al Hasan menegaskan, kebakaran lahan tidak seperti narasi video bahwa kejadian ada di Gunung Manglayang.

“Kejadiannya di wilayah Desa Melatiwangi, Kecamatan Cilengkrang dan sudah berhasil tertangani,” tegasnya.

“Api yang membakar lahan tersebut telah tertangani dan sudah padam. Jadi kebakaran bukan di Gunung Manglayang. Asal api masih diselidiki,” pungkas Rizal. (Bas)

Writer: Yanuar Baswata

Tinggalkan Balasan