Seberapa Masif Penyebaran Wabah Mpox di Dunia? Kenali Gejalanya

JABAR EKSPRES – Baru-baru ini wabah mpox atau monkeypox atau wabah cacar monyet kembali menyebar di wilayah Afrika, hingga menjadi darurat kesehatan dunia.

Setidaknya dua negara di luar Afrika telah melaporkan kasus mpox setelah Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa virus tersebut telah menjadi darurat kesehatan dunia awal minggu ini.

Strain virus yang relative baru yang dikenal sebagai klade 1 telah menyebar di negara-negara Afrika sejak tahun 2022.

Awal tahun ini, dilaporkan bahwa Republik Demokratik Kongo (RDK) mengalami wabah mpox, dengan puluhan ribu orang terinfeksi hingga bulan Juni.

Pemerintah Republik Demokratik Kongo telah menyatakannya sebagai epidemi sejak bulan Desember 2022.

Minggu lalu, CDC Afrika melaporkan bahwa wabah mpox kini terdeteksi di sedikitnya 13 negara Afrika.

Dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, badan tersebut mengatakan kasus meningkat 160 persen dan kematian meningkat sebesar 19 persen.

Kementerian Layanan Kesehatan Nasional Pakistan mengonfirmasi kasus pertama wabah mpox pada hari Jumat, dan mengatakan orang tersebut datang dari Arab Saudi.

BACA JUGA: Apa Itu Mpox atau Cacar Monyet, Mengapa WHO Tetapkan sebagai Darurat Kesehatan Global?

Pejabat kesehatan mengatakan pengurutan sedang dilakukan untuk menentukan jenis virus yang menginfeksi orang tersebut.

Pada hari Kamis, pejabat kesehatan Swedia melaporkan kasus mpox pertama di negara itu, mengonfirmasi bahwa itu adalah strain klade 1, dan mengatakan orang tersebut telah terinfeksi di Afrika dan sekarang sedang menerima perawatan.

Klade 1 cenderung menyebabkan lebih banyak infeksi parah dan tampaknya lebih mudah menyebar melalui kontak dekat rutin, termasuk kontak seksual.

Kemudian, pada hari Jumat, Pusat Pencegahan dan Pengdendalian Penyakit Eropa (CDC) menaikkan tingkat kewaspadaan risiko menjadi sedang dari rendah, dan meminta negara-negara untuk mempertahankan tingkat kewaspadaan yang tinggi di antara para pelancong yang berkunjung dari daerah yang terkena dampak.

Bagaimana Wabah Mpox Menyerang Tubuh Manusia?

Wabah mpox terutama menyerang manusia dan hewan. Virus ini termasuk dalam famili virus yang sama dengan cacar, tetapi menyebabkan gejala yang lebih ringan, seperti demam, menggigil, dan nyeri otot.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan