Edelweiss Hospital Luncurkan Children Center, Klinik Baru untuk Atasi Masalah Anak Indonesia

JABAR EKSPRES – Edelweiss Hospital meluncurkan Children Center untuk mengatasi masalah kesehatan anak di Indonesia. Saat ini Indonesia sedang menghadapi krisis kesehatan anak yang serius. Tingginya konsumsi gula, yang menyebabkan diabetes dan gagal ginjal pada anak, menjadi perhatian utama dalam beberapa waktu terakhir. Selain itu, gangguan mental pada anak juga semakin meningkat.

Tujuan utama keberadaan Edelweiss Children Center ini adalah untuk memberikan perawatan yang komprehensif, fokus pada tindakan preventif dan pengobatan berbagai kondisi yang sering dialami anak-anak terutama dalam hal tumbuh kembang dan gizi mereka.

“Kami prihatin dengan kondisi gizi anak-anak di Indonesia saat ini, banyak anak-anak yang masih gemar mengkonsumsi makanan tidak sehat. Salah satunya yang berasal dari makanan olahan yang mengandung banyak gula dan pengawet. Ini jadi salah satu concern kami di layanan tumbuh kembang anak di Edelweiss Children Center,” tutur Syauqi Robbani, Founder dan Chairman Edelweiss Healthcare Group.

Gula yang terkandung dalam makanan olahan, dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, mulai dari kerusakan gigi, diabetes, gagal ginjal, hingga dampak jangka panjang yang lebih parah terhadap kesehatan secara keseluruhan. Berdasarkan penelitian Beecher, dkk (2021), konsumsi gula yang berlebih juga dapat menghambat pembelajaran dan memori. Dan asupan harian minuman manis selama masa remaja dikaitkan dengan memburuknya kinerja belajar dan memori otak selama masa dewasa, selain itu berpengaruh juga pada perilaku impulsif dan hiperaktif.

“Dengan kondisi yang ada saat ini, kami merasa perlu menghadirkan fasilitas yang bisa memberikan perawatan dan edukasi yang tepat bagi anak-anak serta orang tua mereka. Harapannya dengan mengurangi asupan gula, kita bisa membantu generasi muda Indonesia fokus belajar, memperbaiki memori, dan mencapai potensi terbaik mereka,” kata Syauqi.

Layanan Psikologi di Children Center: Atasi Masalah Mental Pada Anak

“Di Edelweiss Children Center ini, kami tidak hanya menangani masalah kesehatan fisik, tetapi juga mental, karena kesehatan mental anak sama pentingnya dengan kesehatan tubuh mereka,” lanjut Syauqi.

Dilansir dari The Indonesia National Adolescent Mental Health Survey (I-NAMHS) yang bekerjasama dengan Universitas Gadjah Mada, sebanyak 2,45 juta remaja Indonesia didiagnosis mengalami gangguan jiwa selama 12 bulan terakhir, pada tahun 2021. Faktor-faktor seperti kekerasan di rumah, tekanan akademis, dan kurangnya dukungan emosional berkontribusi pada masalah ini. Edelweiss Children Center juga berkomitmen untuk memberikan layanan psikologis yang holistik, termasuk konseling dan terapi, untuk membantu anak-anak mengatasi stres dan trauma.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan