Upayakan Percepatan Penurunan Kemiskinan, Pemkot Cimahi Lakukan Hal Ini!

CIMAHI, JABAR EKSPRES – Pemutakhiran data keluarga di Kota Cimahi menjadi salah satu langkah strategis, yang dilakukan untuk mempercepat penurunan angka kemiskinan.

Pj Wali Kota Cimahi, Dicky Saromi, menegaskan pentingnya memiliki data keluarga yang akurat, terutama sebagai dasar dalam perencanaan kebijakan pemerintah.

“Data yang akurat sangat penting sebagai dasar perencanaan pengambilan kebijakan dan pelaksanaan program-program pemerintah, termasuk untuk menghapus kemiskinan ekstrem dan mempercepat penurunan stunting,” ujar Dicky saat ditemui di Techno Park Cimahi, Jumat (16/8).

Selain itu, dalam upaya tersebut, Dicky mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Cimahi agar berpartisipasi aktif dalam Pemutakhiran Data Keluarga yang berlangsung hingga 31 Agustus mendatang.

BACA JUGA:Antisipasi Kekeringan, BPBD Kota Cimahi Siapkan Satgas dan Operasi Dropping Air Bersih

Kemudian, ia juga meminta agar setiap warga memberikan informasi yang faktual kepada petugas yang akan melakukan pendataan dari rumah ke rumah.

“Saya mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Cimahi untuk mendukung pemutakhiran data keluarga 2024 dengan menyampaikan data yang faktual saat kader pendataan datang ke rumah,” tambahnya.

Sementara itu, Dicky menjelaskan, pemutakhiran data ini memiliki tiga tujuan utama. Pertama, meningkatkan cakupan dan kualitas data keluarga berdasarkan nama dan alamat. Kedua, menyediakan data operasional di lapangan yang bisa digunakan sebagai dasar perhitungan indikator kependudukan.

“Pemutakhiran ini juga penting untuk kepentingan perencanaan, pengambilan kebijakan, analisa, dan intervensi program pembangunan berbasis keluarga, termasuk penghapusan kemiskinan ekstrem dan percepatan penurunan stunting,” tutup Dicky. (Mong)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan