Jamin Kenyamanan ASN, Kementerian PUPR Siapkan Hunian Modern dan Fasilitas Lengkap

JABAR EKSPRES – Pemerintah memastikan bahwa ASN yang bekerja di IKN mendapat tempat tinggal yang layak, aman, dan nyaman. Jaminan tersebut diberikan secara langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Presiden menekankan bahwa hunian untuk ASN di IKN harus enak ditinggali. Sehingga mereka betah menetap dan bekerja di IKN. Untuk itu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan rusun ASN di IKN terhubung dengan berbagai fasilitas.

Menteri PUPR sekaligus Pelaksana Tugas Kepala Otorita IKN (OIKN) Basuki Hadimuljono memastikan bahwa pembangunan rusun ASN di IKN terus berprogres. Saat ini sudah tersedia 12 tower rusun ASN.

Mulai Kamis, 15 Juli 2024 hunian untuk ASN di IKN sudah teraliri air bersih yang siap minum. Selain itu, Basuki menyebutkan bahwa gas juga sudah terdistribusi ke rusun ASN.

”Gas untuk Rusun ASN 4, Rusun ASN 2, Rusun ASN 1 bulan Juli ini sudah ada,” kata dia.

Secara keseluruhan Kementerian PUPR membangun 47 tower rusun untuk ASN. Masing-masing unit rusun tersebut dilengkapi satu kamar utama, dua kamar anak, dua kamar mandi, dapur, ruang makan, dan ruang keluarga.

Pada unit yang sudah ditinjau oleh Presiden Jokowi, hunian untuk ASN itu sudah dilengkapi dengan sofa, kasur, meja makan, dan beberapa perlengkapan lainnya. Rusun ASN juga terhubung dengan berbagai fasilitas publik di IKN.

Karena itu, Menteri Basuki percaya diri Rusun ASN siap menyambut para ASN yang dipindahkan ke IKN mulai September mendatang.

Sesuai dengan arahan Presiden Jokowi, mereka akan mendapat tempat tinggal yang layak. Pemerintah meyakinkan para ASN tersebut untuk tidak khawatir, sebab sarana dan prasarana penunjang untuk tinggal di IKN sudah tersedia.

Termasuk sekolah dan rumah sakit yang kerap dipertanyakan oleh para ASN. Kedua fasilitas itu dipastikan tersedia.

Selain itu untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, gerai minimarket juga telah disiapkan.

Dalam peninjauan yang dilakukan oleh Presiden Jokowi di Rusun ASN, Kepala Negara sempat melihat modul pengelolaan hunian ASN tersebut.

Dengan sistem berbasis digital, modul yang dikembangkan oleh Kementerian PUPR bersama Bank BNI itu menghadirkan hunian yang modern bagi ASN di IKN.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan