Cek Sekarang! Info Tebaru Bansos PKH Tahap 3 Juli-Agustus 2024 Segera Cair Setelah Tahap Ini

JABAR EKSPRES – Info Tebaru Pencairan Bantuan Sosial (Bansos) Program Keluarga Harapan (PKH) Tahap 3 untuk periode Juli-Agustus 2024 semakin mendekati kenyataan.

Saat ini, Info Tebaru Bansos dalam proses penerbitan kartu Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) Himbara dan tahapan lainnya sudah mulai rampung, menandakan bahwa pencairan dana bansos ini akan segera memasuki tahap selanjutnya.

Meskipun demikian, penyaluran bansos PKH Tahap 3 belum sepenuhnya dilakukan karena masih ada beberapa proses yang harus diselesaikan. Pertanyaannya, kapan bansos PKH Tahap 3 ini akan cair di rekening KKS Himbara?

Baca juga : Cek Bansos Error? Dana BPNT Tahap 4 Rp 400 Ribu Belum Jelas Kapan Cair

Berdasarkan informasi dari laman Facebook resmi PKH dan BPNT Kementerian Sosial (Kemensos) RI, proses penerbitan kartu KKS untuk tahap ini sudah hampir selesai. Beberapa Keluarga Penerima Manfaat (KPM) telah membagikan bukti penerbitan kartu KKS di media sosial. Kartu KKS pertama kali diterbitkan di Bank Syariah Indonesia (BSI) wilayah Aceh.

Namun, meskipun kartu KKS telah diterbitkan, saldo bansos PKH Tahap 3 belum masuk ke rekening KKS tersebut. Hal ini disebabkan oleh tahapan pencairan dana yang masih harus melalui beberapa proses sesuai dengan regulasi yang berlaku.

Setelah KKS terbit, tahapan yang harus dilalui meliputi pengecekan rekening, Surat Perintah Membayar (SPM), Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D), hingga tahap Sistem Informasi (SI). Setelah tahap SI selesai, saldo bantuan akan segera disalurkan ke rekening KKS dalam beberapa hari berikutnya.

Penting untuk diingat bahwa proses pencairan bansos reguler ini dilakukan secara bertahap di setiap KKS Himbara. Berdasarkan perkembangan terbaru, pencairan bansos ini kemungkinan besar akan dilakukan paling awal di KKS BSI.

Selain itu, penerbitan kartu KKS baru ini ditujukan bagi KPM yang sebelumnya menerima bansos melalui PT Pos Indonesia. Dengan demikian, proses ini merupakan langkah penting dalam upaya memastikan bahwa bantuan sosial dapat tersalurkan dengan tepat waktu dan sesuai sasaran.

Baca juga : Selamat! KTP Anda Terdaftar Sebagai Penerima Bansos, Begini Cara Cek Bansos Kemensos 2024 Secara Online

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan