7 Sunnah yang Jarang Diketahui dan Kurang Diterapkan Umat Muslim Dalam Aktivitas Sehari-hari

JABAR EKSPRES – Sebagai umat Nabi Muhammad SAW, kita harus mengikuti sunnah yang diajarkan dengan tanpa keraguan, namun ternyata masih banyak sunnah yang jarang diketahui dan kurang diterapkan dalam aktivitas sehari-hari.

Bisa jadi karena kurangnya ilmu dan tidak ada yang mengajarkan, sehingga beberapa sunnah ini bahkan tidak pernah dilakukan.

Mungkin terbilang seperti hal sepele, karena hanya cara memakai sandal atau adab bertamu kerumah orang, namun jika kita tidak mengetahuinya maka hal ini bisa-bisa tidak akan mendatangkan kebaikan.

Berikut 7 sunnah yang masih jarang diketahui dan juga jarang dilakukan umat Islam.

1. Mendahulukan Kaki Kanan Saat Memakai Sandal Dan Kaki Kiri Saat Melepasnya

Diriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallambersabda,

“Jika kalian memakai sandal maka dahulukanlah kaki kanan, dan jika melepaskannya, maka dahulukanlah kaki kiri. Jika memakainya maka hendaklah memakai keduanya atau tidak memakai keduanya sama sekali.”
(HR. Al-Bukhari dan Muslim)

2. Menjaga Dan Memelihara Wudhu

Diriwayatkan dari Tsauban Radhiyallahu Anhu bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda,“Istiqamahlah (konsistenlah) kalian semua (dalam menjalankan perintah Allah) dan kalian tidak akan pernah dapat menghitung pahala yang akan Allah berikan. Ketahuilah bahwa sebaik-baik perbuatan adalah shalat, dan tidak ada yang selalu memelihara wudhunya kecuali seorang mukmin.”
(HR. Ahmad dan Ibnu Majah)

3. Berkumur-Kumur Dan Menghirup Air dengan Hidung Dalam Satu Cidukan Telapak Tangan Ketika Berwudhu

Diriwayatkan dari Abdullah bin Zaid Radhiyallahu Anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallamberkumur-kumur dan menghirup air dengan hidung secara bersamaan dari satu ciduk air dan itu dilakukan sebanyak tiga kali.
(HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Baca juga : Keajaiban Sunnah Rosul Dalam Aktivitas Harian yang Dibuktikan Secara Ilmiah

4. Berbuka Puasa Dengan Makanan Ringan

Diriwayatkan dari Anas bin Malik Radhiyallahu Anhu, ia berkata, “Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallamberbuka puasa sebelum shalat maghrib dengan beberapa kurma basah. Jika tidak ada maka dengan beberapa kurma kering. Jika tidak ada, maka beliau hanya meminum beberapa teguk air.”

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan