Sambut HUT RI ke-79, Ribuan Warga LDII Jabar Bersihkan Sungai Citarum

JABAR EKSPRES – Dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-79,  DPW LDII Provinsi Jawa Barat melaksanakan Kerja Bersama Bakti Untuk Negeri yang dilaksanakan sepanjang bulan Agustus 2024.

Kerja bakti tersebut dilaksanakan mulai dari pengurus LDII tingkatan DPW provinsi, DPD LDII kota/kabupaten, PC LDII kecamatan, PAC LDII kelurahan/desa, pondok pesantren, sekolah hingga masjid di bawah naungan LDII serta lingkungan tempat tinggal warga LDII.

”Praktiknya, masing-masing DPD LDII kota/kabupaten akan menginstruksikan organisasi di level bawahnya untuk melaksanakan kegiatan kerja bakti atau Kerja Bersama Bakti Untuk Negeri di wilayahnya masing-masing,” ujar KH. Dicky Harun, Ketua DPW LDII Provinsi Jawa Barat, Selasa (13/08.

Menurut Dicky, sasaran utama dari kegiatan adalah membersihkan sepanjang aliran Sungai Citarum yang melintasi beberapa kota/kabupaten di Jawa Barat. ”Jadi bagi kota/kabupaten yang tidak dilintasi aliran Sungai Citarum, maka melaksanakan kerja bakti di kawasan lingkungan sekitar,” ujarnya.

Dicky mengatakan, kegiatan yang dilakukan warga LDII merupakan wujud cinta LDII terhadap kelestarian lingkungan, baik skala kecil maupun skala besar.

”Kegiatan ini dilaksanakan masing-masing tingkatan organisasi sesuai dengan kondisi geografis lingkungannya,” urainya.

Kegiatan Kerja Bersama Bakti Untuk Negeri ini, imbuh KH. Dicky, diawali dengan membersihkan aliran anak Sungai Citarum yang melintasi Kabupaten Purwakarta pada Sabtu (10/8) lalu.

”Kegiatan ini juga untuk mendukung program Citarum Harum. Untuk membersihkan Sungai ini kami melibatkan sekitar 500 orang warga yang juga turut dibantu oleh unsur TNI dan Polri,” bebernya.

Kegiatan ini tidak hanya terpusat di Purwakarta, tetapi juga berlangsung di berbagai wilayah lainnya. Ribuan warga LDII terlibat dalam kerja bakti ini, seperti pembersihan daerah aliran Sungai Citarum di Sektor 22, Sungai Cijalupang, yang merupakan anak Sungai Citarum di Cisaranten, Kota Bandung.

Selain itu, warga LDII di Kota Cimahi membersihkan Sektor 21, Kelurahan Leuwigajah, Kota Cimahi. Warga LDII di Kabupaten Karawang juga membersihkan aliran Sungai Citarum di Desa Wadas, Kecamatan Telukjambe Timur, Karawang.

Alhamdulillah sudah tiga tahun terakhir ini LDII menggulirkan program Kerja Bersama Bakti untuk Negeri,” ucapnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan