Menteri Basuki Siapkan 4 Halte Kereta Otonom di IKN untuk HUT ke-79 RI

JABAR EKSPRES – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyiapkan 4 halte penjemputan untuk layani masyarakat yang ingin menaiki kereta otonom atau autonomous rail transit (ART) dalam rangka merayakan HUT ke-79 RI.

‘’Untuk penjemputan ada haltenya, empat, ya,’’ ujar Basuki dikutip dari ANTARA, Senin (12/8/2024).

Menteri Basuki sudah siapkan 4 Halte di Ibu Kota Nusantara (IKN) yakni halte Sumbu Kebangsaan Barat, halte Hotel Nusantara, halte Bank Indonesia, dan halte Grande.

BACA JUGA: Masih Dibutuhkan Rakyat, Dewan Turut Dorong Program Rutilahu jadi Prioritas

Basuki juga mengatakan keempat halte tersebut akan disiapkan pada 15 Agustus 2024 nanti. Ia menjelaskan bahwa kereta otonom ini tidak menjemput masyarakat secara sembarangan. Maka, ia menyiapkan halte penjemputan.

Terkait dengan skema penjemputan tamu keneragaan, pemerintah akan menyiapkan bus Listrik untuk mengantar tam uke halte penjemputan kereta otonom.

Basuki berharap penjemputan penumpang kereta otonom ini dapat tertib, sebagaimana masyarakat menggunakan transportasi umum lainnya seperti MRT.

BACA JUGA: Polemik Eks Karyawan PDJT, Pemkot Bogor Sisakan Hutang Lebih dari Rp1 Miliar

‘’Memang harus tertib semua. Di tempat-tempat tertentu saja jemputnya,’’ kata Basuki.

Sebelumnya, Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital Otorita IKN Mohammed Ali Berawi mengatakan kereta akan dioperasikan secara manual menggunakan pengemudi untuk melayani antar-jemput tamu pada perayaan Hari Ulang Tahun ke-79 Kemeredekaan Republik Indonesia.

Ali menerangkan teknologi kereta otonom tersebut membutuhkan waktu untuk menyesuaikan dengan rute perjalanan.

BACA JUGA: 10 Objek Wisata Alam Paling Indah di Jawa Barat yang Legendaris Sampai Sekarang

Ali menambahkan masa uji coba dari kereta otonom ini selama Agustus hingga Oktober nanti, kereta ini nantinya menggunakan pengemudi untuk mempelajari dan memasukan data terkait rute perjalanan.

ART yang beroperasi di IKN adalah modal transportasi massal berbasis elektrik yang tidak memerlukan rel konvensional.

Kereta otonom ini menggunakan sistem pandu otomatis yang mengikuti marka khusus yang telah terpasang di jalan.

BACA JUGA: Bey Machmudin Dorong Seluruh Instansi di Jabar Jaga Kelancaran Pilkada 2024

ART yang nanti digunakan dalam perayaan HUT ke-79 RI akan menggunakan dua rangkaian dengan tiga gerbong per set untuk melayani rute tertentu di kawasan KIPP untuk mengangkut para tamu undangan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan