Gantikan Ruddy Prasemilsa, Toto Oktaviana Jabat Kepala Badan Intelejen Daerah Jabar

BANDUNG – Brigjen TNI R Toto Oktaviana menjabat sebagai Kepala Badan Intelejen Daerah (Kabinda) Jawa Barat (Jabar) yang baru menggantikan Mayjen TNI (purn) Ruddy Prasemilsa. Pisah sambut mereka pun telah dilakukan pada Jumat 9 Agustus 2024 malam.

Brigjen TNI R Toto Oktaviana merasa bersyukur dan berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepadanya. Sebelumnya, Toto menjabat sebagai Kabinda Sulawesi Tenggara selama tiga tahun tiga bulan. Pengalamannya yang luas dalam bidang intelijen, utamanya selama menjabat sebagai Kapusdiklat BIN, membuatnya sangat cocok memimpin Jabar.

“Kami bersyukur telah diberi kepercayaan menjadi Kabinda Jabar. Sebelumnya, kami ada di Kapusdiklat BIN dan berlatarbelakang memang pusat pendidikan di AD yang mencetak aparat-aparat intelijen,” katanya, Sabtu 10 Agustus 2024.

Dia pun menegaskan komitmennya melanjutkan kerja keras yang sudah dirintis pendahulunya. Katanya, penting sinergi dan kolaborasi dengan semua pihak baik unsur pemerintah maupun masyarakat dalam menjaga stabilitas dan keamanan di Jabar.

“Kami akan terus berusaha mencari akar penyebab dari setiap permasalahan dan bekerjasama dengan semua pihak untuk menyelesaikannya. Semoga Jabar bisa tetap aman dan kondusif,” ujarnya

Mayjen TNI (purn) Ruddy menjabat sebagai Kabinda Jabar sejak Juni 2022. Selama perjalanannya selama dua tahun dua bulan. Menurutnya, kesan selama di Jabar begitu kompleks. Permasalahan pun hadir di berbagai bidang, baik ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, sampai hankam.

“Alhamdulillah kami sebagai aparat intelijen tak harus selalu langsung mengatasi masalah, tapi mengumpulkan informasi dan mencari akar masalahnya,” ucapnya.

Dia menyoroti pentingnya koordinasi dan kerjasama kuat antara berbagai elemen intelijen di Jabar. Katanya, keberhasilan dalam mengatasi berbagai permasalahan, mulai penanganan bencana alam di Cianjur sampai pengungkapan kasus terorisme di Polsek Astanaanyar yang tak lepas dari dukungan komite intelijen daerah (Kominda) Jabar.

“Kami dibantu Kominda terdiri personel Kaban Kesbangpol Jabar, AS Intel Kajati, AS Intel Pangdam, dan Intelkam. Saya juga bangga semasa menjabat berhasil melaksanakan pemilu damai di Jabar. Saya optimis Kabinda baru bisa atasi semua masalah ke depannya termasuk agenda nasional berikutnya, ialah Pilkada,” katanya.

Tinggalkan Balasan