Bandul Stang Sepeda Motor, Si Kecil Yang Banyak Fungsinya

JABAR EKSPRES – Setiap sepeda motor memiliki komponen kecil yang terletak di ujung stang kemudi. Komponen ini disebut bar-end atau yang biasa disebut bandul atau jalu stang. Apa saja fungsinya?

Bandul stang memiliki banyak fungsi, yang membuatnya penting untuk setiap sepeda motor, terutama untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan berkendara. Ada empat fungsi utama bandul stang kemudi sepeda motor, di antaranya:

Pelindung Saat Jatuh

Saat terjatuh dari sepeda motor, bagian tangan yang memegang stang kemudi perlu terlindungi. Bandul stang berfungsi sebagai bantalan yang akan terbentur lebih dahulu saat jatuh, sehingga melindungi jari tangan dan meminimalisir kerugian yang terjadi akibat kecelakaan.

Peredam Getaran

Bandul stang terbuat dari material logam dengan berat tertentu, yang memberikan efek redaman getaran yang baik. Hal ini dapat dibuktikan dengan melepaskan bandul stang; frekuensi getaran pada bagian stang kemudi akan lebih terasa tanpa bandul tersebut.

BACA JUGA: Hajatan Modifikasi Terbesar Tanah Air, Honda Modif Contest Dibuka untuk Ribuan Modifikator

Pegangan Lebih Stabil dan Nyaman

Dengan adanya bandul stang, pengendalian sepeda motor menjadi lebih stabil karena komponen ini berfungsi sebagai penyeimbang dan membuatnya lebih aerodinamis. Pegangan stang kemudi juga menjadi lebih mantap dan nyaman saat digenggam dan berkendara.

Mendukung Gaya Berkendara

Bandul stang juga dapat mendukung gaya berkendara karena bisa digunakan sebagai aksesori modifikasi. Misalnya, bandul stang dapat dipasang spion model bar-end, yang cocok untuk modifikasi motor klasik, atau aksesori hand guard yang lebih aman untuk melindungi jari tangan, terutama pada motor dual purpose.

Aksesori yang juga berfungsi sebagai jalu stang biasa digunakan pada motor kompetisi balap. Komponen ini dapat berfungsi sebagai pelindung tuas rem dan jari tangan untuk menghindari benturan saat balapan.

Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora, Ade Rohman menjelaskan, “Bandul stang juga memerlukan perawatan dan pengecekan rutin, seperti pembersihan dan pengencangan baut secara berkala. Jika terdapat kerusakan, komponen tersebut harus segera diganti untuk menghindari risiko terlepas saat berkendara yang dapat mengganggu pengendara lain,” ujar Ade Rohman, Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan