Masyarakat Diminta Sabar, Perbaikan Jalan Nanjung Diharapkan Cepat Tuntas

JABAR EKSPRES, CIMAHI – Aksi sejumlah pengendara motor menerobos jalan yang baru saja dicor di Jalan Raya Nanjung, Kampung Cibodas, RT 04 RW 11, Kelurahan Utama, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, menuai keprihatinan. Insiden ini diketahui setelah viralnya sebuah video yang menunjukkan tindakan tersebut, dan kini rekayasa lalu lintas akan diberlakukan selama proses perbaikan jalan.

Kepala Dinas PUPR Kota Cimahi, Wilman Sugiansyah menyesalkan aksi pengendara motor atas insiden ini. Menurutnya, tindakan pengendara yang tidak sabar tersebut akan berdampak pada meningkatnya biaya dan waktu pengerjaan perbaikan jalan.

“Akibat kejadian di Jalan Raya Nanjung itu, harus diperbaiki ulang. Jadi akan menyita waktu dan anggaran lagi. Jadi, kita sangat menyayangkan itu terjadi,” ungkap Wilman saat dihubungi, Jumat (9/8).

BACA JUGA:Pria di Bandung Barat Nekat Akhiri Hidup di Jembatan Sasak Beusi, Warga Beri Kesaksian Begini

Wilman juga menghimbau masyarakat untuk bersabar dan mengikuti pemberlakuan rekayasa lalu lintas yang diterapkan guna menuntaskan perbaikan jalan. Ia berharap, masyarakat dapat mendukung upaya pemerintah dalam memperbaiki infrastruktur jalan dengan cara mengikuti arahan yang telah ditetapkan.

“Bagaimanapun, konstruksi jalan membutuhkan waktu sampai optimal. Kami imbau pengguna jalan sabar mengikuti rekayasa lalu lintas, ini demi kepentingan kita bersama,” tambahnya.

Perbaikan Jalan Raya Nanjung sendiri dilakukan oleh Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat (DBMPR Jabar) yang mencakup wilayah Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung.

Untuk menghindari kejadian serupa, Pemkot Cimahi akan berkoordinasi dengan Pemprov Jabar, aparat kepolisian, dan Dinas Perhubungan guna memastikan rekayasa lalu lintas bisa berjalan dengan tertib.

BACA JUGA:Revitalisasi Pasar Parakanmuncang Sumedang Dinilai Belum Jelas, KPJ: Investor Sudah Ada Tinggal Respon Pemda

“Kami akan koordinasi dengan Pemprov Jabar, Dishub, dan kepolisian supaya ada pengetatan penjagaan dan rekayasa lalu lintas tetap berjalan. Kalau di wilayah Cimahi panjangnya hanya sekitar 200 meter. Memang ini kewenangannya ada di berbagai instansi,” tambah Wilman.

Selain itu, Pemkot Cimahi juga akan melakukan perbaikan di delapan ruas jalan lainnya tahun ini, dengan fokus pada pemeliharaan jalan dan peningkatan drainase. Berdasarkan survei tingkat kemantapan, jalan di Kota Cimahi sudah 97% mantap, dan untuk perawatan serta revitalisasi drainase, telah disiapkan dana sekitar Rp8 miliar dari APBD.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan