Lampirkan Dukungan TMS, Paslon Independen Sundaya – Aa Maulana Lolos Vermin

JABAR EKSPRES – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung Barat (KBB) menerima berkas kekurangan syarat dukungan dari pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati dari jalur perseorangan pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024.

Sekedar diketahui, KPU Kabupaten Bandung Barat memberikan waktu perbaikan kepada pasangan Balon bupati dan wakil bupati jalur perseorangan yakni Sundaya – Aa Maulana usai syarat dukungannya dinyatakan tidak lolos pada tahap verifikasi faktual (verfak).

Ketua KPU Kabupaten Bandung Barat, Ripqi Ahmad Sulaeman menerangkan, secara administrasi pasangan Sundaya – Aa Maulana dinyatakan lolos setelah melengkapi sejumlah berkas yang sebelumnya tidak memenuhi syarat (TMS).

“Bakal pasangan calon Bupati KBB jalur perseorangan itu berhasil mengumpulkan 4.120 syarat dukungan dan secara langsung dinyatakan lolos verifikasi administrasi,” kata Ripqi saat dihubungi, Senin (5/8/2024).

BACA JUGA:KPU Kota Cimahi Masih Temukan Data Ganda di DPS, Ini Alasannya!

Meski sudah melengkapi kekurangan, dikatakan Ripqi, KPU masih akan melakukan verifikasi faktual terhadap 4,120 syarat dukungan yang dikumpulkan paslon dari jalur independen itu.

Selanjutnya, jika dalam verfak berhasil memenuhi syarat (MS) maka pasangan Sundaya – Aa Maulana akan melalui tahap akhir yakni pendaftaran pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Bandung Barat.

“kemudian kemarin sudah lolos Vermin dan kita lanjutkan ke verfak. Sejumlah kekurangan saja 4.120 kalau misalnya hasil verifikasi faktual ternyata memenuhi syarat lebih dari 4.120 maka itu akan memenuhi syarat,” paparnya.

Kendati nantinya Sundaya – Aa lolos dalam tahap verfak, menurut Ripqi belum tentu sampai ditetapkan sebagai paslon Bupati dan Wakil Bupati. Karena dalam prosesnya bisa saja yang bersangkutan mengundurkan diri.

BACA JUGA:Federasi Bulu Tangkis Spanyol Meminta IOC Berikan Medali Penghormatan untuk Carolina Marin

“Nanti akan tetap kan dulu di 19 Agustus 2024 setelah ditetapkan apakah memenuhi syarat maka boleh mendaftar di tanggal 27 Agustus. Kan bisa saja persyaratan lolos tapi yang bersangkutan membatalkan itu bisa saja terjadi,” katanya.

Ia menambahkan, pada Pilkada serentak 2024 di KBB, paslon Sundaya – Aa Maulana merupakan satu-satunya pasangan balon Bupati Bandung Barat yang mendaftar pada jalur tersebut.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan