Fasilitas di IKN Sudah Siap Sambut Kedatangan ASN

JABAR EKSPRES – Sejumlah fasilitas di Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur dinyatakan sudah siap sambut kedatangan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang akan bertugas.

‘’Jangan khawatir dengan kesejahteraan dan Insyaallah di sana akan hidup dengan layak. Jangan khawatir di sana juga ada mal, sekarang semua sedang dibangun. Termasuk rumah sakit internasional, sekolah internasional, dan lain-lain,’’ kata Deputi Sosial Budaya Pemberdayaan Masyarakat Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Alimudin, dikutip dari ANTARA, Senin (5/8/2024).

Alimudin juga menyebutkan pembangunan 21 tower rumah susun (rusun) hunian sudah rampung untuk ditempati ASN yang akan bertugas di sana.

BACA JUGA: Turbulensi Bikin Maskapai Ogah Sajikan Mi Instan Lagi

Alimudin mengajak para ASN untuk tidak perlu khawatir terkait kesejahteraan jika dipindah tugaskan ke IKN di Kalimantan Timur.

Apalagi, ia mengatakan, Presiden Joko Widodo sudah menyatakan jika yang mau pindah pasti mendapat insentif.

Menurut Alimudin pembangunan IKN tahap awal di Kabupaten Penajam Paser Utara juga ikut mendorong pertumbuhan ekonomi di kawasan tersebut sampai 14,49 persen.

BACA JUGA: Kondisi Terkini Aplikasi XFA AI, Apakah Hari ini Anggota Masih Bisa WD?

‘’Luar biasa jauh dari minimal lima persen pertumbuhan ekonomi. Kemudian (pertumbuhan ekonomi Provinsi) Kalimantan Timur itu tujuh koma sekian persen. Masyarakat lokal pendapatannya itu bisa menjadi lima kali lpat dari sekarang,’’ ujar Alimudin.

Alimudin juga mengungkapkan sudah tinggal di Kalimantan Timur selama 33 tahun, bercerita bahwa transmigrasi di daerah itu juga sudah terjadi sejak tahun 1960-an.

‘’Jangan khawatir tentang pembawaan sosial di Kalimantan Timur. Dari tahun 1960-an itu transmigrasi terus ada di sana. Penduduk paling banyak di IKN itu adalah orang Jawa, kedua orang Bugis, Banjar,’’ ungkap Alimudin.

BACA JUGA: Calon Paskibraka dari 38 Provinsi Mulai Jalani Latihan di Cibubur

Sementara itu, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) menyiapkan 40 ribu kuota penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjiak Kerja (PPPK) tahun 2024.

‘’Dari kuota itu, sekitar lima persen untuk jatah putra-putri Kalimantan Timur yang akan ditempatkan di Ibu Kota Nusantara (IKN),’’ kata Analis Kebijakan Utama Kemenpan-RB Arizal.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan