Waspada! Aplikasi Pepperi Commerce Penipuan Berkedok Bisnis Investasi

JABAR ESKPRES- Penipuan dengan menggunakan akun palsu di sosial media semakin marak terjadi. Salah satu modus yang banyak digunakan adalah pepperi commerce penipuan.

Dalam modus aplikasi pepperi commerce penipuan ini, penipu akan menghubungi korbannya melalui akun palsu, biasanya menggunakan foto wanita cantik atau laki-laki ganteng untuk menarik perhatian.

Tanpa peringatan, tiba-tiba Anda akan dihubungi oleh seseorang yang tidak dikenal melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, atau aplikasi kencan. Orang ini akan berpura-pura akrab dan mencoba menarik perhatian Anda dengan berbagai cara, termasuk menebar pesona.

Setelah berhasil menarik perhatian, orang ini tersebut akan mengajak Anda untuk berbisnis melalui sebuah situs web yang sudah mereka siapkan.

Baca juga : Apakah aplikasi Vita itu Penipuan Skema Ponzi? Cek Faktanya

Situs web tersebut adalah bagian dari sindikat penipuan. Orang yang mengajak Anda adalah pekerja dari sindikat ini, yang memang ditugaskan untuk mencari korban.

Sudah banyak korban dari penipuan ini terutama kaum laki-laki yang merasa senang ketika diajak berkenalan oleh wanita cantik di dunia maya.

Mereka merasa lebih percaya diri dan terkadang terlalu terbawa perasaan (baper). Penting untuk diingat bahwa ketika seorang wanita yang tidak dikenal menghubungi Anda secara tiba-tiba di sosial media, itu bukan karena Anda keren atau ganteng, melainkan karena Anda telah menjadi target penipuan mereka.

Tips Menghindari Penipuan

  1. Jangan Mudah Terbawa Perasaan (Baper): Jangan terlalu cepat merasa senang dan terbawa perasaan hanya karena diajak berkenalan oleh wanita cantik di dunia maya.
  2. Tetap Waspada: Jika dihubungi oleh orang yang tidak dikenal, selalu waspada dan jangan mudah percaya, apalagi jika mereka mengajak Anda untuk berbisnis.
  3. Verifikasi Identitas: Jika ragu, ajak orang tersebut untuk melakukan video call. Perhatikan apakah wajah mereka sesuai dengan foto yang digunakan di profil mereka. Biasanya, penipu tidak akan mau melakukan video call atau jika pun mereka melakukannya, wajah mereka tidak akan sesuai dengan foto profil.
  4. Jangan Investasi di Situs yang Tidak Jelas: Hindari berinvestasi atau melakukan transaksi di situs yang tidak jelas atau baru Anda kenal. Banyak situs penipuan yang hanya menampilkan angka saldo fiktif dan tidak memiliki dana sebenarnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan