Sekda Herman Suryatman Kukuhkan Forum OSIS Jawa Barat Generasi 12

JABAR EKSPRES – Sekda Jabar Herman Suryatman mengukuhkan Forum OSIS Jawa Barat Generasi 12 di Telkom University, Kabupaten Bandung, Sabtu (3/8/2024).

Herman mengemukakan bahwa pengukuhan dan kegiatan sharing session ini merupakan momentum mempersiapkan generasi tangguh pemimpin masa depan.

“Atas nama Pemdaprov Jabar saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang sangat dalam untuk teman-teman di Forum OSIS Jawa Barat yang telah melaksanakan kegiatan pelantikan sekaligus sharing session dengan tema School of Education Leader,” kata Herman Suryatman.

“Bagaimana momentum ini kita jadikan magic moment untuk mempersiapkan generasi-generasi yang tangguh, para pemimpin masa depan,” imbuhnya.

Ia juga memberikan nasihat kepada para siswa untuk setidaknya menguasai empat kompetensi penting di abad XXI ini.

Empat kompetensi tersebut adalah critical thinking, creativity, collaboration, communication.

Berpikir kritis perlu diasah sejak di bangku SMA/SMK/MA. Para siswa tidak boleh hanya memikirkan diri sendiri, tetapi juga penting memiliki kepekaan terhadap permasalahan di lingkungan sekitar.

“Saya ingin melihat seperti apa tingkat kekritisan adik-adik terhadap sekeliling. Tentu masalah lainnya juga harus dikritisi, paling tidak untuk didiskusikan di sekolah,” kata Herman soal critical thinking.

Begitu pun dengan kreativitas dan kolaborasi. Setelah memiliki awareness, mencari solusi dengan berpikir kreatif dilanjutkan dengan menjalin kolaborasi adalah kompetensi penting berikutnya.

“Tentu untuk menyelesaikan berbagai persoalan, adik-adik harus mulai dibiasakan berpikir kreatif,” ujarnya.

Herman menekankan bahwa sejatinya menyelesaikan masalah tidak bisa dilakukan oleh satu orang, para siswa perlu membangun superteam.

“Hari ini ke depan tidak ada superman, yang ada superteam. Jadi sejak belia, SMA, SMK, MA, biasakan membuat tim untuk membangun kolaborasi dengan siapapun juga,” jelasnya.

Yang terakhir, Herman menuturkan, sebagai pemimpin penerus bangsa kemampuan komunikasi sangat berpengaruh untuk kesuksesan.

“Tentu pesan yang adik-adik miliki harus sampai kepada khalayak dan itu dibawakan dengan komunikasi. Semakin bagus komunikasinya akan semakin besar peluang adik-adik untuk sukses,” pesan Herman pada para siswa.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan