Tangkap Peluang Pasar dengan Peka Terhadap Kebutuhan Konsumen, Guru SMK Dapat Jutaan Rupiah Lewat Alfamind

JABAR EKSPRES – Peka membaca kebutuhan pasar menjadi kunci seorang guru SMK di Lembang Kab.Bandung Barat. Effirosmawati (44 thn) telah menjalani profesi sebagai pengajar di SMK 45 Lembang Kab.Bandung Barat hampir selama 22 tahun.

Dalam kesehariannya mengajar, guru yang mengajar mata pelajaran Perencanaan Bisnis ini menemukan fakta bahwa kebutuhan alat elektronik penunjang belajar seperti laptop dan handphone cukup tinggi.

Namun baik sesama rekan pengajar maupun relasi lainnya di sekolah terkendala kemampuan dan akses untuk mendapatkan alat elektronik tersebut.

“Awalnya sudah suka berjualan elektonik di sekolah dengan metode cicilan dan jastip. Seperti Handphone, TV, hingga mesin cuci. Belakangan banyak yang nyari laptop juga. Banyak rekan-rekan di sini yang minta dicarikan produk-produk yang sesuai kebutuhan. Nah saya akan mencarikan produk-produk tersebut. Para konsumen siap terima barang saja,” jelasnya.

BACA JUGA: 41 Ribu Anak di Jabar Terjerat Judi Online, Komnas PA: Ini Sangat Miris!

Profesi sebagai pencari produk tersebut dikembangkan juga dengan sistem jasa titip. Pada suatu hari, dirinya mencari produk handphone dan membandingkan harga di market place.

Dan menemukan status seorang Alumni tempatnya mengajar yang mempromosikan jenis produk yang dicarinya di Alfamind.

“Di SMK tempat saya mengajar sudah bekerja sama dengan Alfamart dalam bidang pendidikan. Lalu lewat status whatsapp salah seorang alumni yang saat bekerja di Alfamart, ada informasi promo produk yang sedang saya cari. Nah saya tertarik, lalu saya ingin tahu lebih lanjut. Melalui mantan anak didik saya inilah saya tau bahwa Alfamind adalah bagian dari bisnis online Alfamart, dari sana saya tertarik joint menjadi store owner,” ceritanya.

Alfamind merupakan aplikasi toko virtual yang dikembangkan dengan sistem mitra. Para mitra yang bergabung disebut Store Owner (SO). Untuk menjual produknya Store Owner hanya cukup menawarkan produk-produk yang tersedia di platform tersebut. Alfamind menyediakan produk groceries, produk elektronik, hingga peralatan rumah tangga.

“Alfamind menawarkan banyak variasi produk yang membuat kita mendapatkan banyak pilihan. Konsumen saya memang mayoritas masih di lingkungan sekolah dan sekitarnya. Namun kategori produk yang dipesan bervariasi bisa dari groceries hingga handphone dan laptop yang masuk ke fokus produk Alfamind. Alhamdulillah rata-rata sebulan ada 5 produk elektronik yang bisa dijual,” kata Effi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan