Wow! Ini Dia 5 Manfaat Sawi yang Mungkin Belum Kamu Tahu

JABAR EKSPRES – Sayur sawi, baik sawi hijau maupun sawi putih, adalah salah satu sayuran hijau yang sangat populer di Indonesia. Kaya akan nutrisi, sawi bisa diolah menjadi berbagai macam hidangan, mulai dari direbus, ditumis, hingga jadi tambahan lezat pada mie ayam. Selain rasanya yang gurih, manis, dan sedikit pahit, sawi juga menyimpan segudang manfaat kesehatan yang sayang untuk dilewatkan.

Kaya Nutrisi dan Rendah Kalori

Menurut Healthline, sawi adalah sayuran yang rendah kalori dan lemak namun tinggi serat dan mineral. Sawi hijau mengandung berbagai vitamin penting seperti A, B6, C, E, dan K, serta protein, karbohidrat, dan memiliki sifat antioksidan yang kuat.

Manfaat Kesehatan Sayur Sawi

1. Menangkal Berbagai Penyakit

Sawi mengandung antioksidan yang dapat membantu melawan stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. Studi pada 2018 di International Journal of Biomedical Science menunjukkan bahwa kerusakan akibat radikal bebas dalam jangka panjang bisa menyebabkan penyakit serius seperti penyakit jantung, kanker, dan Alzheimer.

2. Sumber Vitamin K yang Baik

Vitamin K dalam sawi sangat penting untuk membantu pembekuan darah serta menjaga kesehatan jantung dan tulang. Menurut USDA, satu cangkir sawi mentah dan matang sudah memenuhi 120 persen kebutuhan harian vitamin K.

3. Bagus untuk Mata

Kandungan vitamin A dalam sawi bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Sawi kaya akan lutein dan zeaxanthin, dua senyawa yang membantu melindungi retina dari kerusakan oksidatif dan menyaring cahaya biru yang berpotensi membahayakan.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Sawi hijau mengandung vitamin C, flavonoid, dan beta-karoten dalam konsentrasi tinggi, yang semuanya membantu mencegah dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Senyawa dalam sawi juga dapat mengikat asam empedu dalam sistem pencernaan, membantu menurunkan kadar kolesterol.

5. Mencegah Kanker

Konsumsi sawi hijau dikaitkan dengan penurunan risiko kanker tertentu, seperti kanker prostat, usus besar, lambung, hidung, dan mulut. Sawi kaya akan glukosinolat, senyawa yang membantu melindungi sel dari kerusakan DNA dan mencegah pertumbuhan sel kanker.

Efek Samping Sayur Sawi

Meski menyehatkan, sawi juga memiliki beberapa efek samping, terutama bagi orang dengan kondisi kesehatan tertentu:

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan