Pj Wali Kota Bogor Paparkan Pertanggungjawaban Triwulan I ke Kemendagri

JABAR EKSPRES – Penjabat (Pj) Wali Kota Bogor, Hery Antasari menyampaikan laporan Pertanggungjawaban Pj Wali Kota Triwulan I dihadapan belasan Evaluator Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI di Aula Rapat Itjen Kemendagri, Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta pada Senin, 29 Juli 2024.

Pada penyampaian evaluasi kinerja, Hery memaparkan 10 indikator utama dan 106 indikator Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor selama tiga bulan memimpin Kota Bogor.

Ia menjelaskan, selama tiga bulan kepemimpinannya 10 indikator utama dan 106 indikator mengalami peningkatan yang cukup bagus. Mulai dari stunting, inflasi, penyerapan anggaran, pelayanan publik, kesehatan dan pendidikan.

Kendati, evaluator tetap memberikan beberapa catatan kecil untuk dilakukan perbaikan yakni melengkapi data penyajiannya agar lebih detail.

“Secara umum tadi lancar dan banyak masukan bagus dalam rangka pelaksanaan kinerja Penjabat Wali Kota yang di monitor setiap tiga bulan. Evaluasi ini menjadi pedoman atau patokan untuk melaksanakan tugas Pj sampai akhir masa jabatan,” ungkap Hery pada Senin, 29 Juli 2024.

Ia menambahkan, tiga bulan kedepan semua indikator akan ditingkatkan termasuk menambahkan saran dari evaluator.

Program-program yang sudah baik, sambung dia, akan semakin dikembangkan, termasuk perencanaan atau inisiasi di triwulan pertama yang baru akan dieksekusi di triwulan kedua dan ketiga.

“Semua inspektur memberikan masukan dan catatan dalam hal kelengkapan datanya saja. Setelah catatan dari evaluator diperbaiki, rabu akan keluar nilainya. Jadi, setiapindikator ada bobot nilainya,” tutur Hery.

Sementara itiu, Kepala Badan Perencanaan, Pembangunan dan Riset Daerah (Bapperinda) Kota Bogor, Rudy Mashudi mengatakan, 10 indikator utama terdiri dariaspek inflasi, stunting, BUMD, layanan publik, aspek pengangguran, aspek kemiskinan ekstrem, kesehatan, penyerapan anggaran, kegiatan unggulan dan aspek perizinan.

Rudy menyebut, bahwa ada beberapa yang diapresiasi dan ada beberapa yang harus ditambahkan datanya untukmelengkapi data-data yang sudah disampaikan.

“Secara umum Pemkot Bogor sudah merealisasikan langkah-langkah capaian triwulan Idengan cukup baik. Targetnya semoga Pemkot Bogor dalam hal ini Pj Wali Kota Bogormendapatkan nilai tinggi dari Kemendagri,” tukas Rudy. (YUD)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan