Ciri-Ciri Seseorang Telah Mendapat Hidayah, Apa Kamu Sudah Merasakan Juga?

JABAR EKSPRES – Hidayah merupakan salah satu hal yang selalu diminta umat muslim dalam setiap doanya. Hal ini karena hidayah hanya Allah yang bisa memberikannya.

Hidayah diartikan juga sebagai petunjuk dari Allah, yang tentu saja merupakan petunjuk yang mengarahkan dari yang buruk menjadi baik.

Seperti apa bentuk hidayah dari Allah, tidak ada yang bisa menebaknya, namun bagi penerimanya akan bisa merasakannya, terutama jika sudah mengalami perbaikan dalam hidupnya, cara berdikir dan ibadahnya.

Berikut ada 17 tanda atau ciri-ciri saat seseorang sudah mendapatkan hidayah dari Allah. Kamu bisa mengecek dalam dirimu sendiri, sudah berapa poin yang kamu rasakan mengalami perubahan.

1. Di pahamkan perkara agama, dapat membedakan mana yang sesuai Al Quran dan Hadis.

2. Mulai mencari-cari (haus) kajian ilmu agama, senang menghadiri majlis taklim, senang mendengarkan ceramah agama, senang mempelajari Al Quran dan Hadis.

3. Membenahi ibadah sholatnya sesuai sifat sholat Nabi dan sunnah-sunnahnya, membenahi cara wudhu’nya dan bacaan dzikir usai sholatnya.

Baca juga : 17 Tanda Orang Yang Mendapat Hidayah dari Allah

4. Mulai menanyakan atau mencari apa dalil dari suatu ibadah, tidak pernah lagi Taqlid Buta, tidak mau lagi ikut-ikutan saja.

5. Membenahi bacaan Al Qurannya dan menambah hafalannya dengan niat menjadi penghafal Quran.

6. Mulai berpenampilan sebagai seorang Mukmin. Bagi Wanita mulai menutup aurat dengan benar sebagaimanan tuntunan. Bagi pria berjenggot dan bercelana diatas mata kaki (tidak isbal). Bagi wanita memakai Hijab Syar’i.

7. Selalu sholat fardhu di awal waktu. Bagi laki-laki selalu sholat fardhu berjamaah di Masjid kecuali ada udzur syar’i. Bagi Perempuan sholat fardhu di rumah.

8. Semakin giat mengerjakan sholat sunnah, terutama sunnah rawatib, tahajud, witir, dhuha.

9. Menjauhi dan meninggalkan perkara agama yang bid’ah dan syubhat.

10. Mulai rajin bersedekah walaupun sedikit dan meninggalkan Riba. Bagi laki-laki LANGSUNG BERHENTI MEROKOK. Bagi perempuan langsung MENINGGALKAN GHIBAH.

11. Tidak mengenyangkan perut saat makan minum, khawatir ibadah sholatnya akan terganggu. Mulai mengemari memakan yang di sukai Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasalam.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan