SYARAT Beasiswa Cendekia Baznas 2024, Semester Berapa Bisa Daftar?

JABAR EKSPRES – Cek persyaratan Beasiswa Cendekia Baznas 2024 di bawah ini. Apakah bisa mahasiswa baru mendaftar Beasiswa Cendekia Baznas 2024? Berikut informasinya.

Beasiswa Cendekia Baznas telah resmi dibuka untuk tahun 2024 ini. Hal ini sebagaimana diumumkan dalam Instagram @besiswabaznasri, Rabu (24/7/2024).

“Telah Dibuka! BEASISWA CENDEKIA BAZNAS DALAM NEGERI 2024 23 Juli- 4 Agustus 2024,” demikian bunyi pengumuman di Instagram @besiswabaznasri.

Lalu siapa saja yang bisa mendaftar beasiswa tersebut? Sebelumnya mari kita ketahui terlebih dahulu apa itu Beasiswa Cendekia Baznas (BCB) berikut ini.

Apa Itu Beasiswa Cendekia BAZNAS?

Dikutip dari e-book Petunjuk Teknis Pendaftaran, program Beasiswa Cendekia BAZNAS (BCB) adalah program BAZNAS yang diberikan kepada mahasiswa S1 mulai semester 5 dengan fokus mengupayakan pendidikan tinggi para mahasiswa tetap berlanjut serta memberikan permbinaan guna meningkatkan kualitas SDM Indonesia Emas 2045.

Program BCB berupa pembiayaan pendidikan dan pembinaan yang diberikan selama 4 semestar (2 tahun) sedangkan pembinaan diberikan oleh mentor kampus secara periodik.

BACA JUGA: Wujudkan Pendidikan Inklusif, Disdik Kota Bandung Motivasi Sekolah

Persyaratan Umum BCB Dalam Negeri 2024

1. Mahasiswa S1/D4 semester 5 program reguler di kampus mitra BAZNAS

2. Memenuhi salah satu dari kategori beasiswa berikut:

a) Kategori Jurusan prioritas bidang STEM: Jurusan Komputer, profesi (kedokteran, psikologi keperawatan, farmasi), Teknik, Akuntansi, Statistika, dan Komunikasi.

b) Jurusan Prioritas Bidang Kesyariahan: Diutamakan Jurusan Ekonomi Syariah dan Hukum Syariah

c) Kategori Prestasi: Memiliki prestasi nasional dan/atau internasional (lebih direkomendasikan yang telah tercatat di Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemdikbud)

d) Kategori Wirausaha : Memiliki usaha pribadi yang sudah berjalan minimal 6 bulan

e) Kategori Aktivis: Aktif menjadi pengurus organisasi kemahasiswaan minimal tingkat jurusan atau organisasi kepemudaan/ masyarakat.

3. IPK minimal 3,00 (skala 4,00)

4. Melengkapi berkas

– Pas foto terbaru/berwarna

– KTP dan Kartu Keluarga

– Transkrip nilai IPK terakhir

– Surat rekomendasi dari tokoh masyarakat atau surat rekomendasi dari BAZNAS Kabupaten/Kota (pilh salah satu saja)

– Surat pernyataan pendaftar beasiswa Cendekia BAZNAS

– Esai dengan tema “Kontribusiku menjadi generasi zakat”

Anda dapat mempelajari petunjuk tentang beasiswa dengan mengunduh Panduan Teknis Pendaftaran Beasiswa dari halaman ini: https://bazn.as/panduanbcbdn2024

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan