Soal Alih Fungsi Terminal Cicaheum jadi Depo BRT, Dishub Jabar Jelaskan Begini

JABAR EKSPRES – Pemerintah Pusat melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana merubah fungsi Terminal Tipe A Cicaheum, Kota Bandung pada tahun 2025 nanti menjadi Depo Bus Rapid Transit (BRT) Bandung Raya.

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat (Dishub Jabar) A Koswara menjelaskan bahwa rencana tersebut sudah berdasarkan hasil kajian Kemenhub lewat Project Management Consultant.

“Jadi Terminal Tipe A Cicaheum sudah disiapkan masuk kedalam bagian sistem transportasi angkutan massal BRT Bandung Raya. Sehingga Terminal Tipe A Cicaheum akan menjadi salah satu dari 7 lokasi yang difungsikan sebagai Depo bus dalam sistem transportasi angkutan massal BRT Bandung Raya,” ucapnya di Bandung, Kamis (25/7).

Untuk mendukung rencana tersebut, nantinya seluruh layanan baik antar kota antar provinsi (AKAP) maupun antar kota dalam Provinsi (AKDP) yang biasa dilakukan di Terminal Cicaheum akan dipindahkan ke Leuwipanjang.

BACA JUGA: Apakah Saat ini Aplikasi XFA AI Masih Aman? Banyak Member Mulai Tak Bisa WD

Dia pun menjelaskan soal Terminal Cicaheum yang dipilih sebgai salah satu Depo BRT Bandung Raya.

“Jadi kenapa dipilihnya Terminal Cicaheum sebagai salah satu Depo BRT Bandung Raya, salah satunya adalah agar mempermudah integrasi antara angkutan umum perkotaan eksisting dengan BRT Bandung Raya yang akan segera beroperasi,” ungkapnya.

Koswara mengatakan, nantinya dalam alih fungsi ini akan ada 2 koridor yang beroperasi dari Terminal Cicaheum. Ia menyebut, 2 koridor tersebut yakni koridor BRT 01 Cibiru – Kebon Kelapa, dan Koridor BRT 18 Cicaheum – Sarijadi.

BACA JUGA: Jadwal Bioskop Trans TV Malam ini, Tayang Film Hitman’s Wife’s Bodyguard

“Khusus untuk Koridor BRT 01, itu akan menjadi 1 dari 2 koridor perintis yang akan dioperasikan akhir tahun 2025. Selain itu juga saat ini sedang dalam tahap pembahasan kemungkinan penambahan layanan angkutan umum berbasis kabel (Cable Cari)/ yang melewati Terminal Cicaheum tersebut,” katanya.

Maka dengan adanya rencana ini, Koswara berharap dapat segera terealisasi dengan baik agar operasional angkutan umum di Kota Bandung khususnya Terminal Cicaheum menjadi lebih optimal.

“Diharapkan dengan adanya rencana ini dapat membuat operasional angkutan umum d Terminal Cicaheum menjadi lebih optimal dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat atau penguna angkutan umum,” pungkasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan