PIN Polio 2024 untuk Umur Berapa? Ini Bahaya Anak Tidak Dapat Imunisasi Polio

JABAR EKSPRES – Umur berapa sasaran pemberian PIN polio tahun 2024? Simak informasinya dan manfaat mendapatkan imunisasi polio di bawah ini.

Dilansir dari laman Sehat Negeriku, Pelaksana Tugas (Plt.) Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes, Dr. Yudi Pramono, menyampaikan bahwa mengingat adanya laporan kasus polio dan tingginya risiko penularan virus polio, Kemenkes akan mengadakan kembali Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio tahap kedua. PIN Polio ini dijadwalkan berlangsung pada minggu ketiga Juli 2024.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI terus menerima laporan tentang Kejadian Luar Biasa (KLB) yang disebabkan oleh virus Polio di berbagai daerah di Indonesia. Terdapat 32 provinsi dan 399 kabupaten/kota yang dikategorikan memiliki risiko tinggi polio.

Dari tahun 2022 hingga 2024, tercatat ada 12 kasus kelumpuhan, dengan 11 kasus disebabkan oleh virus polio tipe 2 dan satu kasus oleh virus polio tipe 1. Kasus-kasus ini tersebar di 8 provinsi, yaitu Aceh, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Papua Tengah, Papua Pegunungan, Papua Selatan, dan Banten.

BACA JUGA: Dinkes Kota Bandung Targetkan Sub PIN Polio Kedua Capai 95 Persen dengan Buka Layanan Vaksin di Rumah Sakit

Umur Berapa Sasaran PIN Polio 2024?

Dr. Yudi menyatakan bahwa pelaksanaan PIN Polio akan dilakukan secara massal dan serentak untuk mencapai kekebalan kelompok yang optimal serta mencegah penyebaran virus polio.

Menurut Dr. Yudi, PIN Polio dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama telah dilaksanakan pada 27 Mei 2024, sementara tahap kedua akan dilaksanakan pada 23 Juli 2024.

Sasaran PIN Polio adalah anak-anak usia 0 hingga 7 tahun, tanpa memandang status imunisasi sebelumnya. Vaksin yang akan diberikan meliputi vaksin tetes dan suntik.

Dr. Prima menjelaskan bahwa vaksin polio tetes diberikan melalui mulut sebanyak tiga kali, yaitu pada usia 1 bulan, 2 bulan, dan 3 bulan, yang dikenal sebagai OPV 1, OPV 2, dan OPV 3.

Pada usia 4 bulan, vaksin diberikan dalam bentuk digabung tetes dan suntikan yang disebut IPV. Selain itu, pada usia 9 bulan, anak-anak akan menerima vaksin IPV 2.

Manfaat PIN Polio Tetes dan Suntik 2024

Pemberian imunisasi dalam program Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio sangat penting untuk mencegah virus polio yang bisa menyebabkan kelumpuhan permanen, terutama pada anak-anak yang belum mendapat imunisasi polio lengkap.

Tinggalkan Balasan