Javier Aguirre Ditunjuk jadi Pelatih Mesiko Ketiga Kalinya untuk Hadapi Piala Dunia 2026

JABAR EKSPRES – Javier Aguirre kembali ditunjuk menjadi pelatih timnas Meksiko untuk ketiga kalinya demi mempersiapkan El Tricolor dalam menghadapi Piala Dunia 2026 di Amerika Serikat dan Meksiko.

Pelatih berusia 65 tahun yang pernah menukangi Meksiko pada 2002 dan 2010 serta timnas Jepang dan Mesir itu akan menggantikan Jaime Lozano yang memilih mengundurkan diri.

“Kami sangat senang mengumumkan kedatangan Javier ‘El Vasco’ Aguirre sebagai pimpinan tim nasional,” kata Direktur Olahraga Federasi Sepak Bola Meksiko, Duilio Davino dikutip dari Antara, Selasa (23/7/24).

Javier Aguirre akan didampingi mantan bek Barcelona, Rafael Marquez sebagai asisten pelatih, sedangkan Lozano memilih mengundurkan diri setelah ditawari kontrak sebagai staf Javier Aguirre.

Federasi Sepak Bola Meksiko telah menyodorkan kontrak baru kepada Lozano hingga 2030 dengan syarat harus mau “turun pangkat” menjadi staf di bawah sosok pelatih yang “lebih berpengalaman”.

Berdasarkan kesepakatan tersebut, Lozano semestinya menjadi staf Aguirre hingga 2026, kemudian kembali menjadi pelatih kepala pada 2026 – 2030.

Namun Lozano, yang mantan pelatih akademi dan timnas U-23 Meksiko itu menolak tawaran itu dan memutuskan untuk hengkang.

Tinggalkan Balasan