Harga Minyak Mahal, Ini Tips Memasak Hemat  Agar Menekan Penggunaan Minyak Goreng

JABAR EKSPRES – Beberapa hari terakhir harga minyak goreng semakin mahal, khususnya merek Minyak Kita yang menembus angka Rp17.000 perliternya. Harga ini merupakan harga tertinggi sejak awal diluncurkan oleh pemerintah.

Bukan hanya harganya yang mahal, bahkan dikabarkan stoknya juga semakin menipis.

Banyak yang mengeluhkan naikknya harga minyak ini, terutama para ibu rumah tangga yang setiap hari menggunakannya, dan juga kalangan industri UMKM yang menggunakan minyak sebagai salah satu bahan utamanya.

Baca juga : Begini Alasan Mendag Naikan Harga Minyakita!

Untuk menyiasati  harga minyak goreng yang mahal, ada beberapa tips yang bisa dilakukan para ibu, untuk menghemat penggunaan minyak goreng, selama Pemerintah belum menemukan solusi untuk mengatasinya.

Berikut tips menyiasati penggunaan minyak goreng agar semakin hemat:

1. Ganti penggunaan wajan dengan wajan antilengket

Wajan antilengket bisa digunakan untuk menggoreng tanpa harus menggunakan minyak, sehingga ini menjadi langkah yang sangat efektif untuk menghemat penggunaan minyak.

Permukaan wajan antilengket biasanya sudah dilengkapai dengan bahan khusus sehingga masakan tidak akan mudah menempel. Ini akan menekan penggunaan minyak, karena bisa menggoreng tanpa minyak atau hanya menggunakan sedikit minyak saja.

2. Ganti Minyak dengan margarin

Untuk mengolah bahan makanan tertentu bisa mengganti minyak dengan menggunakan margarin. Selain bisa menekan penggunaan minyak, margarin akan memberikan aroma yang lebih harum dibanding menggoreng menggunakan minyak.

Misalnya untuk sekedar menggoreng telur, sosis atau membuat nasi goreng.

Baca juga : Minyakita Tembus Rp 17.000, Emak-emak Harus Ngelus Dada!

3. Menggunakan Air Fryer

Menggunakan Air Fryer menjadi salah satu solusi untuk menghemat minyak, karena menggoreng pakai Air Fryer tidak perlu menggunakan minyak. Selain lebih hemat makanan juga menajdi lebih sehat.

4. Gunakan sendok takar

Penggunaan sendok takar juga ternyata cukup efektif untuk menghemat penggunaan minyak. Karena kita tidak akan berlebihan dalam pemakaian minyak.

5. Mengurangi metode memasak dengan Menggoreng, namun beralih ke metode mengukus masakan

Ini merupakan solusi yang paling banyak dilakukan, yakni mengubah cara mengolah masakan, jika selama ini sering menggoreng-goreng, maka sekarang lebih baik beralih ke metode mengukus masakan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan