Joe Biden Mundur dari Pencalonan di Pilpres AS?

JABAR EKSPRES – Kabar mengejutkan datang dari bursa pencalonan presiden Amerika Serikat (AS), secara terbuka presiden AS saat ini, Joe Biden, mengumunkan bahwa dirinya memutuskan untuk mengundurkan diri dari pemilihan presiden (Pilpres) AS yang akan berlangsung November mendatang.

Pernyataan tersebut disampaikan Joe Biden melalui akun media sosial X (dulu Twitter) pribadinya, yang diunggah pada Minggu (21/7/2024) waktu setempat.

“Meskipun saya berniat untuk mencalonkan diri kembali, saya yakin ini yang terbaik demi kepentingan partai dan negara, saya harus mengundurkan diri dan fokus pada pemenuhan tugas saya sebagai presiden selama sisa masa jabatan,” ujar Joe Biden.

BACA JUGA:Trump Berjanji Lindungi Arab Saudi Jika Terpilih Lagi, Kritik Kebijakan Biden dan Obama

Diketahui bahwa sebelumnya, partai Demokrat mengusung Biden untuk maju kembali pada pemilihan presiden pada November 2024 mendatang.

Namun secara mengejutkan, Biden menyatakan untuk mundur dari pemilihan presiden AS, dan memutuskan untuk memberikan dukungan kepada wakilnya, Kamala Harris, untuk mewakili partainya dalam pemilihan tersebut.

“Hari ini saya ingin memberikan dukungan penuh untuk Kamala menjadi calon presiden partai kita tahun ini. Democrat, inilah waktunya untuk mengalahkan Trump. Mari kita lakukan,” tulis Biden di akun X pribadinya.

Pernyataan mundurnya Biden tersebut, juga terjadi lebih dari sepekan pasca insiden penembakan terhadap Donald Trump saat berkampanye di Pennsylvania, Sabtu (13/7) lalu. Trump resmi diusung oleh partai Republik untuk maju di Pilpres AS.

BACA JUGA:FBI Bingung Cari Tahu Motif Penembak Trump, Thomas Crooks

Selain itu, dalam beberapa waktu terakhir, desakan agar Biden mundur juga semakin keras, setelah dirinya dinyatakan kalah dalam debat pertama melawan Trump. Elektabilitas Biden berada di angka 43 persen, dibandingkan Trump yang mendapat 46 persen dukungan.

Setelah pernyataan mundurnya Biden di Pilpres AS tersebut, ia menyebut akan menyampaikan hal ini secara resmi dan terperinci di hadapan publik pada akhir pekan ini.

“Saya akan berbicara di depan publik akhir minggu ini secara rinci tentang keputusan saya,” ujarnya.

“Untuk saat ini izinkan saya menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah bekerja keras untuk melihat saya terpilih kembali,” sambungnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan