Nisrina Ayuningtyas: Impresi Positif Mahasiswa UPI Pada Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka, Mengenal Wajah Nusantara

JABAR EKSPRES – Nisrina Ayuningtyas, seorang mahasiswi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) angkatan 2021 berkesempatan lolos seleksi dan diterima dalam program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Batch 4.

Program ini membawanya ke Universitas Mataram di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Ia mengambil mata kuliah di program studi yang sama, tersebar di beberapa semester.

Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) adalah bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar lintas kampus dan lintas budaya bagi mahasiswa. Program ini memungkinkan mahasiswa untuk menghabiskan satu semester di universitas lain di Indonesia, sehingga mereka dapat merasakan suasana belajar yang berbeda dan memperluas wawasan mereka tentang keragaman budaya di Indonesia.

Awal mula Nisrina mengetahui program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yaitu melalui informasi dan sosialisasi MBKM kampus. Selain itu, teman-teman PMM Bacth 3 yang menjadi mahasiswa inbound di UPI juga turut memperkenalkan program ini kepadanya.

Ketertarikannya semakin besar setelah mengikuti akun media sosial seputar kampus merdeka juga pertukaran mahasiswa merdeka, yang menyajikan informasi menarik.

Untuk mempersiapkan diri mengikuti program PMM, Nisrina telah melakukan sejumlah persiapan. Dia aktif mencari dan mengikuti perkembangan informasi PMM, mencari universitas penerima program PMM yang sesuai dengan latar belakang studi, berdiskusi dengan prodi dan teman-teman PMM batch 3, juga menambah wawasan seputar kebinekaan dan vcat untuk tahap seleksi.

Salah satu manfaat terbesar dari mengikuti program PMM adalah peningkatan skill dan soft skill. Nisrina merasakan perkembangan signifikan dalam kemampuan akademis, serta keterampilan kepemimpinan, komunikasi, dan kerja sama tim.

Pengalaman berinteraksi dengan teman-teman dari seluruh penjuru nusantara juga membantu Nisrina mengasah kemampuan sosialnya.

“Saya merasa banyak perkembangan dari segi skill dan soft skill setelah mengikuti PMM. Program ini benar-benar membantu saya untuk lebih percaya diri dan siap menghadapi tantangan di masa depan,” ujarnya.

Selain itu, Nisrina juga berhasil meraih prestasi membanggakan selama mengikuti PMM. Ia memenangkan juara 1 kategori lomba cipta puisi tingkat nasional yang diselenggarakan BEM FKIP Universitas Mataram dan juara 3 kategori lomba baca puisi putri tingkat nasional dalam Pekan Ilmiah, Seni, dan Budaya Mahasiswa Merdeka.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan