Ratusan Loker Kembali Disediakan Disnaker Kabupaten Bandung di Job Fair Spirit Bedas

JABAR EKSPRES – Job Fair Spirit Bedas kembali digelar Dinas Ketenagaankerja (Disnaker) Kabupaten Bandung. 300 lowongan kerja disediakan dari berbagai perusahaan untuk masyarakat yang lulusan SMP, SMA/SMK, D3 hingga S1.

 

Job Fair Spirit Bedas kali ini digelar di Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Kamis, 18 Juli 2024.

 

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Bandung, Rukmana mengatakan Job Fair Spirit Bedas ini digelar sebagai upaya untuk mengurangi pengangguran yang ada di Kabupaten Bandung.

 

*Jadi ini hasil dari rembuk bedas yang kita selenggarakan di Cikoneng, itu permintaan masyarakat Ciparay, terus ada Job Fair,” katanya.

 

“Ini respon cepat dari Pak Bupati Bandung kepada masyarakat Ciparay, sehingga saya ditugaskan oleh pak bupati untuk menggelar Job Fair ini,” ujarnya.

 

Ia mengungkapkan Kabupaten Bandung adalah salah satu Kabupaten yang paling besar dan paling banyak penduduknya kedua se-Indonesia.

 

“Jumlah penduduk Kabupaten Bandung itu adalah 3.7 juta jiwa,” tuturnya.

 

“Dari 3.7 juta jiwa tadi, 2.8 juta jiwanya itu adalah penduduk usia kerja, penduduk usia kerja itu adalah orang yang usia 18 tahun keatas,” jelasnya.

 

Namun demikian, Ia menjelaskan penduduk usia kerja dibagi menjadi dua, yakni angkatan kerja dan bukan angkatan kerja.

 

“Siapa itu angkatan kerja, angkatan kerja itu adalah orang yang tidak lagi melanjutkan sekolahnya,” ujarnya.

 

“Kalau tamat SMA atau SMK dia tidak kuliah lagi, nah dikategorikanlah mereka angkatan kerja,” sambungnya.

 

Lanjut Rukmana, para pencari kerja yang datang langsung di Job Fair Spirit Bedas ini hanya cukup membuat akun AK-1 dan lengkapi data diri melalui kemnaker.go.id atau unduh SIAP KERJA di Google Play.

 

“Buat akun REDY melalui getredy.id atau unduh REDY App dengan kode refferal JFKB7, lengkapi profil hingga 100 persen,” jelasnya.

 

“Jadi mereka tidak perlu lagi mengeluarkan biaya saat melamar pekerjaan, cukup datanya isi di aplikasi yang sudah disediakan tadi,” pungkasnya.***

Tinggalkan Balasan