Pentingnya Mengunyah Perlahan Sesuai Sunah Rasul, Ternyata Banyak Manfaatnya

JABAR EKSPRES – Islam memberikan petunjuk untuk menjalankan seluruh sendi kehidupan manusia, mulai dari bangun tidur hingga tidur. Salah satunya tentang makan, dimana Rosulullah mengajarkan agar makan dengan cara mengunyah perlahan.

Bukan tanpa sebab ternyata makan dengan mengunyah perlahan hingga makanan lunak dan mudah dicerna memiliki banyak manfaat kesehatan.

Bahkan dulu pernah disebutkan jika makan harus dikunyah hingga 33 kali sebelum ditelah, hal ini sesungguhnya bukan perihal jumlah angka mengunyahnya, melainkan lebih pada tekstur makanannya.

baca juga : 12 Doa yang Dibaca Rosulullah, Ada Doa Terhindar dari Fitnah Miskin Hingga Bisa Melihat Wajah Allah

Berikut manfaat jika mengunyah perlahan hingga makanan lunak dan mudah dicerna, diantaranya :

1. Membantu kelancaran pencernaan supaya lambung kita selalu nyaman.

Sejumlah enzim di dalam air liur akan membantu proses pemecahan partikel makan, seperti enzim alpha amilase dan lingual lipase dalam yang memecah karbohidrat serta lemak. Hal ini akan melembutkan makanan dan membantunya masuk ke dalam sistem pencernaan.

Selain itu, residu akan lebih sedikit terbentuk, karena penggilingan makanan yang lebih maksimal. Nutrisi pun banyak diserap dalam usus, jonjot, vili, usus 12 jari. sehingga tubuh bisa mendapatkan manfaat lebih baik.

2. Mencegah diabetes

Sekresi air liur akan terbentuk lebih banyak saat kita mengunyah makanan, yang berfungsi untuk melembutkan makanan.

Hal ini bisa bermanfaat untuk mencegah potensi timbulnya diabetes.

Lambung dan usus akan memproses makanan dengan durasi yang lebih lama ketika tekstur makanan yang masuk masih kasar.

Hal ini meningkatkan pelepasan insulin dan penyerapan gula dalam tubuh. Mungkin efeknya tak langsung terasa, tapi pola makan buruk juga berakibat buruk untuk jangka panjang.

3. Membantu menghilangkan bau mulut

Senyawa hidrogen karbonat yang terkandung dalam air liur dapat menetralkan pembentukan plak. Plak yang terbentuk di areal gigi akan disapu dengan cara mengunyah perlahan.

Di samping itu, terdapat enzim antibakteri dalam air liur yang berfungsi  membunuh bakteri penyebab bau mulut.

4. Menekan nafsu makan

Mengunyah secara perlahan ampuh mengontrol nafsu makan berlebihan. Sinyal dan rasa kenyang biasanya akan sampai ke otak jadi oksigen dalam waktu 15-20 menit. sehingga tetap ada keseimbangan untuk menjaga kekebalan tubuh, tetap sehat bugar.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan