Pemda Provinsi Jawa Barat Raih Penghargaan Inovasi Penanganan Kejahatan Siber

JABAR EKSPRES – Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat menerima Anugerah Inovasi Pembangunan Terpuji Detik Jabar Awards 2024 pada Kategori Inovasi Penanganan Kejahatan Siber.

Penghargaan diterima langsung Sekretaris Daerah Provinsi Jabar Herman Suryatman dari Direktur Utama detikcom Abdul Aziz pada acara Malam Penganugerahan Detik Jabar Award 2024  di Trans Luxury Hotel Bandung, Rabu (17/7/2024) malam.

“Kami mewakili Bapak Penjabat Gubernur Jawa Barat untuk menerima apresiasi dari Detik Jabar dalam rangka Malam Anugerah Detik Jabar Awards tahun 2024 untuk Kategori Penanganan Kejahatan Siber,” ungkap Herman Suryatman.

Herman berujar bahwa Pemdaprov Jabar berkomitmen untuk memberikan layanan publik terbaik kepada masyarakat agar lebih cepat, murah, dan ringkas.

Semua itu hanya bisa dilaksanakan dengan baik apabila ditunjang dengan keamanan informasi.

“Pemerintah Provinsi Jabar melalui Dinas Kominfo memberikan perhatian serius terhadap sisi keamanan informasi sehingga bisa mengantisipasi kejahatan siber. Apalagi kami punya tanggung jawab untuk memastikan perlindungan data pribadi,” kata Herman.

“Ini salah satu ikhtiar dari kami agar transformasi digital ataupun implementasi sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) itu aman dan nyaman sehingga masyarakat akan mendapatkan manfaat,” tambahnya.

Ke depan sambung Herman, pihaknya akan terus memastikan upaya peningkatan kualitas keamanan informasi di lingkungan Pemdaprov Jabar dan tentu akan mengajak pemerintah kabupaten dan kota untuk mengupayakan hal yang sama.

“Lebih jauhnya mengedukasi semua entitas di Jabar agar memberikan perhatian serius terhadap keamanan informasi. Salah satu ikhtiar yang sedang dilakukan adalah pemanfaatan teknologi blockchain yang mudah-mudahan dapat lebih baik lagi dan harus dilakukan konsisten dengan kerja sama multi- stakeholders,” tutur Herman.

Blockchain merupakan teknologi yang digunakan sebagai sistem manajemen basis data yang memiliki lebih banyak fitur untuk menjamin keamanan data.

Pnerapan teknologi blockchain diharapkan dapat meningkatkan keamanan dan keselamatan data agar lebih terjamin.

Selain itu, penerapan blockchain diharapkan dapat menjadi langkah mitigasi terhadap kebocoran dan penyalahgunaan data yang belakangan marak.

Pemdaprov Jabar melalui Dinas kominfo Jabar juga terus berupaya menjaga kelangsungan layanan sistem elektronik dengan back up secara konsisten serta menghadirkan berbagai jenis pelatihan guna meningkatkan kapabilitas SDM digital.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan